15 August 2016

TV Series Review: W - Part 4


Seorang wanita, anak dari kartunis terkenal, mengalami sebuah insiden yang membawanya masuk ke dalam “dunia” yang berbeda, dunia di mana telepon selulernya tidak berfungsi dan dua bulan sama dengan tidak lebih dari setengah jam di “dunia” tempat dia berasal. Di sana wanita yang berprofesi sebagai dokter ahli bedah tersebut bertemu dengan seorang pria mantan atlet dengan popularitas yang tinggi, pria yang secara tidak langsung "mengikat" si wanita di dalam “dunia” baru tersebut. Masalahnya adalah sang pria merupakan “ciptaan” dari ayah si wanita.


Sinopsis:

Oh Yeon-joo (Han Hyo-joo) yang merupakan seorang ahli bedah dengan kemampuan rata-rata suatu ketika dikejutkan oleh sebuah permintaan dari “Crazy Dog”, gurunya di Myung Se Hospital. Crazy Dog merupakan penggemar webtoon berjudul “W” karya kartunis bernama Oh Sung-moo (Kim Eui-sung), ayah Oh Yeon-joo, dan meminta Yeon-joo untuk mencari tahu spoiler dari episode selanjutnya. Namun ketika Oh Yeon-joo hendak melaksanakan permintaan dari gurunya tersebut ia mendapat kabar bahwa sang ayah menghilang secara misterius.

Masalah tidak berhenti di sana karena ketika mencoba mencari tahu keberadaan sang ayah di ruang kerjanya Oh Yeon-joo justru “berpindah” lokasi dan ikut terlibat dalam sebuah insiden yang sedang dialami Kang Cheol (Lee Jong-suk). Seorang atlet shooting sport peraih medali emas di Olimpiade Athena, tokoh terkenal yang memiliki masa lalu kelam di mana seluruh anggota keluarganya tewas ditembak sosok misterius, Kang Cheol (Lee Jong-suk) merupakan karakter fiksi ciptaan Oh Sung-moo.


W

Title: 더블유 / Deobeulyu
Also known as: W – Two Worlds
Genre: Fantasy, Mystery, Romance, Melodrama, Suspense
Director: Jung Dae-yoon
Writer: Song Jae-jung
Broadcast Network: MBC


Cast:

Lee Jong Suk as Kang Chul
Han Hyo Joo as Oh Yun Joo
Hyun Seung Min as teen Yun Joo
Jung Yoo Jin as Yoon So Hee
Lee Tae Hwan as Seo Do Yoon
Park Won Sang as Han Chul Ho
Cha Kwang Soo as Son Hyun Suk
Kim Eui Sung as Oh Sung Moo
Lee Shi Un as Park Soo Bong
Nam Ki Ae as Gil Soo Sun
Heo Jung Do as Park Min Soo
Kang Ki Young as Kang Suk Bum
Lee Se Rang as Gil Soo Young
Ryu Hye Rin as Sun Mi
Yang Hye Ji as Yoon Hee



[Spoiler Alert]



EPISODE 7

Broadcast Date: August 10, 2016


What? Total romance? Itu yang terlintas di pikiran ketika OYJ mengatakan kepada KC bahwa romance menjadi genre favoritnya. Memang elemen romance di W memiliki andil penting pada pencapaian yang telah ia hasilkan, mampu menjadi penyeimbang yang manis sejauh ini, tapi tentu saja akan sulit jika pada akhirnya segala macam misteri dan thrill yang telah dibangun kemudian berubah menjadi sebuah kisah romance di panggung utama cerita. Tapi di situ penulis cerita membuktikan ia pandai bermain tarik dan ulur bersama penonton, sebuah pertanyaan dari KC pada OYJ membuktikan bahwa kisah dua dunia ini tampaknya tidak akan berjalan mudah dan tenang di genre romance. Saya suka ketika KC bertanya siapa dirinya di mata OYJ, membuka jalan bagi drama untuk terasa rumit karena walaupun OYJ kini memegang “kendali” faktanya mereka berasal dari dua dunia yang berbeda. 


Ya, akhirnya hal tersebut dikonfirmasi, Oh Yeon-joo merupakan kreator KC yang sesungguhnya. Tidak begitu mengejutkan memang tapi cara cerita melakukan kilas balik serta menggambarkan alasan di balik terciptanya KC terasa manis, termasuk sedikit latar belakang Kang Chul. Hal tersebut secara tidak langsung semakin memperjelas bahwa OYJ merupakan penggemar sejati KC meskipun belum di level sasaeng. Terasa sedikit aneh memang mengetahui OYJ lupa bahwa KC merupakan ciptaannya jika melihat betapa ia mengagumi sosok yang ia gambar itu ketika masih remaja. Tapi di sini writer terasa cerdik, ketika semuanya kini sedikit semakin jelas ia menciptakan “dinding” baru yang memisahkan OYJ dan KC, dan boom masukkan pernyataan cinta, boom perpisahan, and back again, dan pada akhirnya….fake marriage. Untuk sekarang mari sebut itu pernikahan palsu meskipun harapan untuk menjadi real tentu tidak kecil terutama dengan kondisi bahwa eksistensi OYJ di dalam ‘W’ bergantung pada “kehendak” KC, dan KC yang telah merasa khawatir dan mencoba “mengkonfirmasi” perasaannya. 


Itu merupakan situasi yang menarik, OYJ punya kendali terhadap KC sementara di sisi lain Kang Chul juga punya potensi untuk memiliki kendali yang lebih besar terhadap OYJ. Semoga writer tetap menjaga “batas” antara real world dan webtoon karena hal tersebut yang membuat ‘W’ terasa menarik sejak awal terlebih ketika kini that faceless killer mulai menebar ancaman yang anehnya terasa cukup menakutkan. Mungkin itu dampak dari penonton yang kini telah dan semakin menyukai dua karakter utama, ingin mereka bersama dengan berbagai romance dan aksi konyol di sekeliling mereka. Tapi set up baru di mana KC kini harus melindungi OYJ sepertinya akan membuat cerita semakin berwarna dan “petualangan” OYJ di dunia webtoon selanjutnya menjadi lebih fluid. Hal menarik lain adalah bagaimana karakter di webtoon terutama orang-orang di sekitar KC sejauh ini juga masih pasif, apakah mereka akan menghilang seperti gejala awal yang dialami oleh Yoon So-hee hanya karena kini mereka tidak lagi dibutuhkan oleh KC di dalam ‘W’? Dan mari jangan lupakan ayah OYJ. 


So far sutradara dan writer telah melakukan pekerjaan yang baik dalam membungkus, mengungkapkan, dan menjaga misteri dari setiap materi cerita yang mereka miliki. Meskipun tidak banyak ledakan yang terjadi namun lewat episode ini daya tarik ‘W’ kembali tumbuh positif terutama kini mereka punya romance sedikit lebih matang dari sebelumnya. Tampak sepele memang tapi begitu menonjolnya elemen romance di episode ini seperti menjadi jalan untuk membuka perasaan dari dua karakter utama satu sama lain. Mereka memang bertingkah lucu dan konyol tapi ini menjadi start bagi mereka untuk “menyaring” perasaan masing-masing, menyadari apa motivasi dan tujuan yang hendak mereka capai selanjutnya. Kita ingat bahwa sejak awal KC tidak “mendapat” kemampuan untuk bermain dengan emosi dari OSM, ia kini juga tahu bahwa selama ini ia merupakan sebuah “objek” yang dikendalikan, bagaimana cara ia menyelesaikan konflik batin tersebut terasa menarik di samping tentu saja kisah tentang killer yang tampaknya akan semakin bertindak liar dan merajalela. 


Episode yang lucu ini adalah contoh dari tarik dan ulur yang baik antara cerita dan penonton, tidak mencoba terlalu keras melempar berbagai misteri secara liar untuk memberikan kejutan belaka seperti episode sebelumnya. Meskipun telah membuat beberapa bagian tampak “clear” tentu saja ada hal menarik lain yang ‘W’ masih sembunyikan dari penontonnya. Semoga cerita kemudian tidak terlalu bertumpu pada romance saja karena, once again, menghadirkan dan mengupas misteri dengan thrill yang manis bersama sentuhan komedi adalah hal yang paling menarik dari ‘W’. For now on sepertinya that faceless killer akan mendapat kesempatan yang telah ia nantikan selama ini, lagipula perbuatan keji yang ia lakukan merupakan duduk masalah dari masalah yang dialami Kang Chul, karakter utama ‘W’. Tapi apakah mungkin Kang Chul akan berubah dari karakter webtoon menjadi manusia? Yeah, pada review sebelumnya saya menganggap KC telah mati di dunia nyata namun saya menyimpan harap agar Kang Chul berubah menjadi real person in real world. Kombinasinya bersama OYJ too cute to end up sad. Give them a mercy writer-nim!

Score: 8,75/10




0 komentar :

Post a Comment