28 September 2012

Movie Review: Sound of My Voice (2011)


Maggie (Brit Marling), seorang wanita berusia 24 tahun, mengaku bahwa ia datang dari tahun 2054, dengan tujuan untuk menyelamatkan umat manusia dari ancaman perang saudara. Maggie membentuk sebuah sekte, dengan lokasi sebuah ruang bawah tanah di San Gabriel Valley, California. Ia tidak bisa keluar dari ruang tersebut, dengan alasan tingkat imunitasnya, sehingga segala hal untuk menunjang kesehatannya ia dapatkan dari pengikutnya, termasuk darah mereka. Yaks, aneh. Hal tersebut pula yang menuntun Peter Aitken (Christopher Denham), seorang guru, bersama kekasihnya Lorna Michaelson (Nicole Vicius), untuk mencoba mencari tahu fakta sebenarnya.

Peter dan Lorna menyusup kedalam sekte tersebut, dengan menyamar menjadi anggota baru. Mereka masuk kedalam sebuah garasi, mengikuti instruksi seorang pria, mandi, kemudian hanya mengenakan pakaian layaknya pasien rumah sakit, dan dengan mata tertutup dan tangan terikat dimasukkan kedalam sebuah van, dan dibawa kesuatu tempat yang tidak mereka ketahui. Lalu mereka disambut dengan sebuah ritual jabat tangan sebagai kode, masuk ke sebuah ruangan, duduk membungkuk, dan masuklah Maggie, memakai selang infuse dan tabung oksigen disebelahnya.


Ketika pertama kali membaca sinopsis dari film ini, saya berada di zona abu-abu, antara tertarik dan tidak. Daya tarik film ini bagi saya adalah Brit Marling. Another Earth, memang tidak berhasil mencuri tempat di top list saya tahun lalu, namun ceritanya yang sedikit “provokatif” itu masih sangat membekas di ingatan saya. Dan hal itu terulang kembali di film ini. Cerita tentang perjalanan waktu, dengan mengemban misi untuk menyelamatkan dunia, hanya akan menimbulkan pertanyaan dengan dua opsi, benar atau salah?

Sebuah awalan yang kurang menarik bagi saya, di isi dengan Maggie yang mencoba meyakinkan para pengikutnya lewat pembawaannya yang sangat tenang. Ya, itu tidak berhasil. Pada saat itu saya menganggap Maggie hanyalah seorang wanita gila, lepas dari rumah sakit jiwa, dan mengaku datang dari masa depan karena kejiwaannya yang terganggu. Saya justru lebih tertarik kepada rencana yang disusun Peter dan Lorna, bagaimana mereka mengakali berbagai elemen pendukung untuk melakukan dokumentasi mereka agar tidak ketahuan.  

Namun, semua berubah ketika saya mulai sedikit ikut merasakan apa yang Peter rasakan. Mulai sedikit goyah karena aura dari Maggie yang semakin meyakinkan, melihat semua pengikutnya patuh ketika ia meminta mereka makan apel, kemudian memuntahkannya dengan maksud untuk membersihkan tubuh mereka. Peter, yang awalnya tidak mau, ternyata berubah. Tetapi, apa yang Zal Batmanglij coba sajikan disini adalah sebuah cerita (yang ia tulis bersama Brit Marling) dengan tujuan utama untuk menggoyang anda lewat sosok yang sangat meyakinkan. Lewat clue yang ia selipkan, Batmanglij berhasil membuat saya penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya, terutama lewat clue berupa lagu “Dream” dari The Cranberries, dan juga seorang anak perempuan berusia 8 tahun bernama Abigail, yang Maggie klaim adalah ibunya.

Kunci sukses dari cast, tentu saja Brit Marling. Marling sukses membuat saya melabeli dia sebagai wanita gila dia awal film, kemudian berhasil membuat saya goyah lewat pembawaannya yang tenang dan bersahaja. Saya seperti ikut merasakan apa yang para pengikut Maggie rasakan, terbawa suasana karena cerita yang ia sampaikan tentang masa depan, dan permainan emosi yang sangat meyakinkan. Christopher Denham juga berhasil menjalankan tugasnya, membawa anda yang awalnya berada disisi berbeda, ikut terjerumus bersamanya.


Overall, Sound of My Voice memberikan tontonan yang memuaskan, diluar ekspektasi awal saya. Premis awal yang aneh, sukses menawarkan sebuah daya tarik yang membuat saya yang awalnya sangat yakin menjadi goyah, dan ikut bertanya-tanya. Yap, film yang menawarkan cerita dengan isi sebuah ketidakpastian yang ambigu, akan sangat menyenangkan untuk ditonton jika anda tidak mencoba melawan dengan tetap teguh pada pendirian anda. Ikut bermain dan masuk kedalam cerita, menjadikan pertanyaan-pertanyaan itu berputar dipikiran anda, sehingga anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika jawaban itu muncul. Ya, kalau memang ada jawaban, karena tujuan utama film ini, hanyalah memberikan cobaan pada tingkat kepercayaan anda.

Score: 7,5/10

87 comments :

  1. Nice blog and nice article, this movie will play at GlobalTV this night ^.^

    ReplyDelete
  2. Hehee,, ternyata Saya tdk sendirian yg penasaran dg kisah ini,
    Penasaran krn awal kisahnya berjalan lamban, akhirnya browsing sinopsisnya,,
    Okay,, happy watching M. Admit ☺

    ReplyDelete
  3. Hehee,, ternyata Saya tdk sendirian yg penasaran dg kisah ini,
    Penasaran krn awal kisahnya berjalan lamban, akhirnya browsing sinopsisnya,,
    Okay,, happy watching M. Admit ☺

    ReplyDelete
  4. Akhirnya ga jelas, jadi maggy ini penipu? Kok bisa kenal dgn anak kecil itu? Confused

    ReplyDelete
  5. Akhirnya ga jelas, jadi maggy ini penipu? Kok bisa kenal dgn anak kecil itu? Confused

    ReplyDelete
  6. Me too, ketika liat di global lgsg gogling sinopsisnya

    ReplyDelete
  7. Mee too, ketika liat di global langsung gogling deh sinopsisnya

    ReplyDelete
  8. Yup, confused n makin boring, Tp review filmnya yg menggantung bikin penasaran...

    ReplyDelete
  9. Maksud filmnya apa sih gagal paham

    ReplyDelete
  10. Penasaran sama ending nya tapi mata dah ngantuk banget

    ReplyDelete
  11. Penasaran sama ending nya tapi mata dah ngantuk banget

    ReplyDelete
  12. Iya nih.. Penasaran endingnya kaya apa..

    ReplyDelete
  13. Postingan lama baru ada yg komen barusan... Aduh :-d
    Ciyeee pada kepo nih... Haha

    ReplyDelete
  14. endingnya ga jelas ah...akhirnya meggie ditangkap, tp kok dia bisa tau cara tos dengan abigail itu yah. trs yg kasih tau poisi siapa ya kok bisa maggie nya ditangkap polisi.

    ReplyDelete
  15. Buset dah,. Ana fkir cuma ana yg goglik sinopsisnya,. Wkwkwk Slam knal all,. Trnyata kita noton flim aneh yg sama,. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  16. Wah cocok bgt bikin mikir tengah malem itu nek dilihat Maggie beneran Dari 2045 :)

    ReplyDelete
  17. endingnya ga jelas ah...akhirnya meggie ditangkap, tp kok dia bisa tau cara tos dengan abigail itu yah. trs yg kasih tau poisi siapa ya kok bisa maggie nya ditangkap polisi.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Pada bingung ya? Sama :(
    Jadi maggie ini siapa sebenarnya?

    ReplyDelete
  20. Jd dibandingin .. Si anak kemungkinan benar ibunya .. Atau di doktrin .. Hadeuh..

    ReplyDelete
  21. jadi intinya film ini hanya membawa kita untuk ikut bermain d dlmnya ketika merasakan keyakinan mau jd pengikut atau tidak.. walopun endingnya gak jelas. tp tanyakan pada diri kalian ketika nonton. bagaimana perasaan kalian? jadi percaya atau enggak pada maggie..

    ReplyDelete
  22. gila , ini film muter otak bgt ....
    ane pertama sadar kalo meggie itu cuman menipu , dan semakin di perkuat stelah muncul lg sosok cwe yg ngaku dari pemerintahan yg bilang kalo megie itu buronan yg lama di cari ..
    semakin bingung lagi setelah meggie ktmu sama anak usia 8thn itu dia tau salam rahasia megie , dan ternyata yg membuat salam rahasia itu abigail (anak umur 8) ...
    dan akhirnya saya kebingunan sendiri dan pngen ngulang film itu lg biar semakin jelas jalan dan mana yg harus saya ikutin dari awal ...
    keren bgt buat film ini , salut 😊

    ReplyDelete
  23. Sdh jlas si maggie berbohong. Sbgai kacamata psikis dia tdk myakinkan. Dlm file jg ceritanya iya tertangkap n bisa hidup di luar ketemu yg katanya. Ibunya. Dia ngimtip tu. Hehe

    ReplyDelete
  24. yupz betul anak kecil itu (abigail) ibu dari meggie.

    ReplyDelete
  25. Endingnya bikin bingung...tujuan maggie tu ap ya sbenarnya???
    Emang beneran sakit jiwa atau gmn??? Soalnya pas nonton dr awal smpe pertengahan filmnya aq udah nebak2 sndiri klo si maggie itu pemimpin teroris yg mau ngajak org2 supaya jadi pengikutny..(kyk organisasi gafatar gitu deh..haahaa)

    ReplyDelete
  26. intinya sutradara nie film bikin film yg gak bisa ketebak critanya.. kya yg udah".. bagi yg hobby nonton pasti tau bedanya dan maksudnya..hahha

    ReplyDelete
  27. yasudah gan drpda bingung , mending tdr hehehehe

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. iya jadi intinya , bukan ending cerita tau isi ceritanya sendiri ...
    tapi si pembuat film hanya membuat kita bigung dan kita ikut berperan dalam film itu kita berpihak sama siapa

    ReplyDelete
  31. Hahaha... asik yee. Jadi rame gini dah gegara maggie

    ReplyDelete
  32. Aduh ada lanjutan film nya yg ke 2 ga ya masih penasaran sama anak kecilnya ,,! Nice movie

    ReplyDelete
  33. Hahaha... asik yee. Jadi rame gini dah gegara maggie

    ReplyDelete
  34. Uplous deh buat sang sutradara,, haha

    ReplyDelete
  35. Wah banyak yg nonton rupanya. Meskipun endingnya bingungin -,-

    ReplyDelete
  36. Ini adalah film dengan jenis cerita Twist Ending, yg menggiring kita untuk beropini terhadap akhir cerita, akhir cerita mana yg kita pilih dan percayai....sebagai referensi coba tonton film MEMENTO dan THE ISLAND

    ReplyDelete
  37. Jadi googling film2 nya Britt Marling yang lain, I Origins sama Another Earth juga review nya bagus2. *langsung buka Torrent

    ReplyDelete
  38. Kalo diliat pas abigail di suntik sama orang tua atau siapa. Kemungkinan salam tos itu pernah dilakukan atau di buat ketika meggie dan abigail bertemu saat menjadi sebuah pasien rumah sakit atau apalah. Jadi ini sih permainan rasa dan ego mampu mengalahkan kenyataan / fakta yang berlaku. Kita tau dan yakin apa yang meggie lakukan itu hoax, tapi ego dan rasa kita apabila kita di posisi christoper. Intinya sih baper

    ReplyDelete
  39. haha gara gara rcti nih film lama jadi dibahas lagi , btw keren udah nayangin jam msegini bikin ga bisa tidur haha

    ReplyDelete
  40. Sejujurnya gue pun gagal faham sama ini film haha

    ReplyDelete
  41. Tapi ini di RCTI ditayangin nya kok gak sampek selesai yaa filmnya
    Moro moro udah ganti tayangan aja . kan jadi bingung , tayangan film yg tadi aja blm selesai

    ReplyDelete
  42. Sejujurnya gue pun gagal faham sama ini film haha

    ReplyDelete
  43. Baru selese ntn dan penasaran,penipu ato emang bener dari masa depan ??😁

    ReplyDelete
  44. Baru selese ntn dan penasaran,penipu ato emang bener dari masa depan ??😁

    ReplyDelete
  45. Di film ini itu sebenernya simple kok si maggie mau rampok keluarga anak kecil itu , gimana bisa tau cara tos nya ? Gampang ! Si maggie membaca dan mengawasi arsip" anak kecil itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kemungkinan seperti itu, soalnya ada pembicaraan antara perempuan dr pemerintahan dg lorna. Bahwa maggie mencari anak2 untuk .... Nah dsitu kuncinya, untuk apa?:)

      Delete
    3. Kemungkinan seperti itu, soalnya ada pembicaraan antara perempuan dr pemerintahan dg lorna. Bahwa maggie mencari anak2 untuk .... Nah dsitu kuncinya, untuk apa?:)

      Delete
    4. kenapa ga nyurigain org pemerintahannya? knp dia bs tau namanya lorna. dan ada scene dmn dia kyk ngerencanain sesuatu. disni semuanya ttg kepercayaan. dan ttg hal suap

      Delete
    5. Nah itu bener! Kuncinya disitu! Kalo aja ada sedikit penjelasannya, bakal bisa tau ceritanya kenapa & bagaimana! Tapi yang pasti si sutradara berhasil bikin penontonnya penasaran & gak jadi molor!! Hahah

      Delete
  46. Wkwkwk baru kelar film nya, asli film nya bikin penasaran

    ReplyDelete
  47. Iya. Jadi melek sampe jam 4 pagi gara gara magie.

    ReplyDelete
  48. Wkwkwk baru kelar film nya, asli film nya bikin penasaran

    ReplyDelete
  49. Film yang buat g jd tidr.
    Akhir cerita kayag game silenthill dan kawanannya.
    Endingnya kita yg tentuin sndri.

    ReplyDelete
  50. arti dr cerita ini semuanya gaada hubungannya dgn maggie bnr ato engga. film ini akan gmpng kalian tau mksdnya kalo ahli dlm bidang psikologi:) ini bukan ttg maggie;)

    ReplyDelete
  51. Hidden message everywhere. Saat ini banyak org tertipu dengan berbagai macam doktrin mampu menghasut hingga bagian yang terdalam. Karena itu intinya percayalah dengan keyakinan kita masing2. Krn itu hak kita, dan Logika pasti kalah dengan hal2 infinitif/tak terhingga, which is keyakinan!

    ReplyDelete
  52. Kalian nonton nya di rcti kan?? Tp tayangan film nya lhoo gk sampe selesai. Kepotong. Gak tau kenapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan filmmya yg kepotong mbaa! Emang ending ceritanya kaya gitu!!

      Delete
    2. Td di rcti, ending nya kepotong sdikit bro...blm kelar. Akhirnya aq browsing di you tube

      Delete
  53. Awalnya membosankan, lama2 penasaran. Eh ending nya gak diterusin sma RCTI. Cuueegg

    ReplyDelete
  54. Ternyata banyak yg cari sinopsisnya ini juga :D

    ReplyDelete
  55. Ternyata banyak yg cari sinopsisnya ini juga :D

    ReplyDelete
  56. plot twist: si abigail itu anak nya maggie. bukan abigail ibunya maggie. terus kenapa maggie bisa tau salam rahasia abigail. mungkin dulu waktu masih bocah pernah di ajarin sama maggie. lihat aja si abigail gak ada emak nya kan cuma ada cowok mungkin itu suaminya maggie, mungkin mereka cerai karena maggie itu buronan. :v #dipentung wkwkwkwk

    ReplyDelete
  57. awalnya saya penasaran dengan identitas maggie dan menonton the sound of my voice berkali kali, sampai akhirnya saya sadar bhwa film ini bukan mengenai itu. karena pada akhirnya yang paling penting bukan "Apakah Maggie benar-benar berasal dari masa depan?", tapi lebih kepada rasa percaya yang dimiliki oleh masing-masing individu. Masing-masing individu pastilah punya rasa percaya yang mereka pegang teguh, dan tidak ada yang salah dalam kepercayaan seseorang karena itu menyangkut keyakinannya sendiri. Bagi saya film ini justru menyindir orang-orang yang menghujat para pengikut perkumpulan cult yang dianggap punya kepercayaan menyimpang, namun justru para penghujat tersebut tidak mempunyai sebuah kepercayaan dan keyakinan yang kuat dimana mereka selalu terombang-ambing tanpa satu pegangan yang pasti.
    maggie: "semua itu bukan pilihanku, itu pilihan mu"

    ReplyDelete
  58. Liat aja maggie sama abigail mirip banget. :v karena di ajarin salam rahasia itu sama maggie pas masih kecil banget jadi dia cuma inget sama salam nya aja. Sama maggie nya enggak. Terus maggie sama abigail kelihatan sama-sama kayak sakit. Ya pasti abigail punya punya penyakit kayak maggie. #dor udah woi:v

    ReplyDelete
  59. Waduh kirain saya aja yg bingung n langsung browsing..ternyata banyak.hehhe..kayaknya nih kita bikin perkumpulan kya membahas film tersebut..hehehe..klo menurut analisis saya (anda ga harus percaya atau setuju kalau belum baca lanjutan analisis saya) Fakta satu si meggie nersembunyi disesuatu tempat yg rahasia(model2 griliya) fakta dua : agen kehakiman itu punya bukti foto dan tau nama asli meggie n modusnya, nah kemudian si anak kecil Abigail ini beberapa scene diperlihatkan klo dia cuma tinggal dgn ayahnya dan cenderung aneh seperti anak brokenhome..kesimpulannya: abigail itu anaknya mbak meggie dan terpisah saat abigail balita(inget cara Tosnya klop bgt) kemudian meggie kangen akan anaknya dikarenakan mbak meggie itu buronan/penjahat(kelihatan tatap matanya meggie saat bertemu anaknya).bisa dipercaya analisa saya?.maaf kepanjangaan..

    ReplyDelete
  60. Intinya maggienya cantik banget banget hihihi

    ReplyDelete
  61. Intinya maggienya cantik banget banget hihihi

    ReplyDelete
  62. IMO. Mbak maggie menurut gw bkan manusia yg muncul dri masa depan, tetapi buronan yg lgi di cari.

    1.pas dia di suruh ama anggota sektenya buat nyayi? Terus ada slah satu anggota sektenya yg protes (kenapa harus lgu dari cranberris?), trs org itu minta pembuktian nyata dari masa dpan kpada maggie. menyadari hal itu maggie lsng ngeluarin dia dri sektenya (mungkin sblm anggota2 lainya curiga)

    2. Ada org departemen (gw lupa namanya) yg punya foto2 maggie, nama asli maggie yg di kaitkan dgn suatu kasus krjahatan (buron)

    3.maggie adalah ibu abbigail, soalnya terlihat abigail kaya brokenhome yg ga punya ibu/d tnggal ama ibunya suatu kecil

    4.Menuju tmpat maggie hrus di tutup mata, iket tangan .karna maggie buron jdi tidak ada yg tau tmpat dia tinggal

    5. Maggie gak mau keluar dri persembuyianya (sektenya)

    Sekian^^ klo ada yg mao nambahin silahkan

    ReplyDelete
  63. IMO. Mbak maggie menurut gw bkan manusia yg muncul dri masa depan, tetapi buronan yg lgi di cari.

    1.pas dia di suruh ama anggota sektenya buat nyayi? Terus ada slah satu anggota sektenya yg protes (kenapa harus lgu dari cranberris?), trs org itu minta pembuktian nyata dari masa dpan kpada maggie. menyadari hal itu maggie lsng ngeluarin dia dri sektenya (mungkin sblm anggota2 lainya curiga)

    2. Ada org departemen (gw lupa namanya) yg punya foto2 maggie, nama asli maggie yg di kaitkan dgn suatu kasus krjahatan (buron)

    3.maggie adalah ibu abbigail, soalnya terlihat abigail kaya brokenhome yg ga punya ibu/d tnggal ama ibunya suatu kecil

    4.Menuju tmpat maggie hrus di tutup mata, iket tangan .karna maggie buron jdi tidak ada yg tau tmpat dia tinggal

    5. Maggie gak mau keluar dri persembuyianya (sektenya)

    Sekian^^ klo ada yg mao nambahin silahkan

    ReplyDelete
  64. Kalo menurut reverensi gue sih, film ini lebih kasih kesan bahwa kita berhak memiliki kepercayaan nya masing-masing, di sini banyak clue yang bilang bahwa Maggie buronan, dan secara tidak sadar dalam kegiatan organisasi itu ngebuat anggota nya percaya akan Maggie karna permainan emosi nya.

    Dan kesimpulan gue ada 2 :
    - Maggie ibu dari Abigael, di latar rumah Abigael dan scene saat Abigael tidur hanya ada sang ayah. Watak tokoh Abigael keliatan spt anak broken home yang di tinggal ibu nya (Maggie) yang di diagnosa mengidap penyakit.
    - Maggie memanfaat kan "beberapa anggota' (Peter, Lauren) sebgai penghubung untuk mencuri kekayaan dari keluarga Abigael. (Clue; foto dia menjadi buron)

    Itu menurut gue sih hehe, as Maggie says "It is your Choice, Not Me" - Maggie

    ReplyDelete