08 August 2016

TV Series Review: W - Part 3


Seorang wanita, anak dari kartunis terkenal, mengalami sebuah insiden yang membawanya masuk ke dalam “dunia” yang berbeda, dunia di mana telepon selulernya tidak berfungsi dan dua bulan sama dengan tidak lebih dari setengah jam di “dunia” tempat dia berasal. Di sana wanita yang berprofesi sebagai dokter ahli bedah tersebut bertemu dengan seorang pria mantan atlet dengan popularitas yang tinggi, pria yang secara tidak langsung "mengikat" si wanita di dalam “dunia” baru tersebut. Masalahnya adalah sang pria merupakan “ciptaan” dari ayah si wanita.


Sinopsis:

Oh Yeon-joo (Han Hyo-joo) yang merupakan seorang ahli bedah dengan kemampuan rata-rata suatu ketika dikejutkan oleh sebuah permintaan dari “Crazy Dog”, gurunya di Myung Se Hospital. Crazy Dog merupakan penggemar webtoon berjudul “W” karya kartunis bernama Oh Sung-moo (Kim Eui-sung), ayah Oh Yeon-joo, dan meminta Yeon-joo untuk mencari tahu spoiler dari episode selanjutnya. Namun ketika Oh Yeon-joo hendak melaksanakan permintaan dari gurunya tersebut ia mendapat kabar bahwa sang ayah menghilang secara misterius.

Masalah tidak berhenti di sana karena ketika mencoba mencari tahu keberadaan sang ayah di ruang kerjanya Oh Yeon-joo justru “berpindah” lokasi dan ikut terlibat dalam sebuah insiden yang sedang dialami Kang Cheol (Lee Jong-suk). Seorang atlet shooting sport peraih medali emas di Olimpiade Athena, tokoh terkenal yang memiliki masa lalu kelam di mana seluruh anggota keluarganya tewas ditembak sosok misterius, Kang Cheol (Lee Jong-suk) merupakan karakter fiksi ciptaan Oh Sung-moo.


W

Title: 더블유 / Deobeulyu
Also known as: W – Two Worlds
Genre: Fantasy, Mystery, Romance, Melodrama, Suspense
Director: Jung Dae-yoon
Writer: Song Jae-jung
Broadcast Network: MBC


Cast:

Lee Jong Suk as Kang Chul
Han Hyo Joo as Oh Yun Joo
Hyun Seung Min as teen Yun Joo
Jung Yoo Jin as Yoon So Hee
Lee Tae Hwan as Seo Do Yoon
Park Won Sang as Han Chul Ho
Cha Kwang Soo as Son Hyun Suk
Kim Eui Sung as Oh Sung Moo
Lee Shi Un as Park Soo Bong
Nam Ki Ae as Gil Soo Sun
Heo Jung Do as Park Min Soo
Kang Ki Young as Kang Suk Bum
Lee Se Rang as Gil Soo Young
Ryu Hye Rin as Sun Mi
Yang Hye Ji as Yoon Hee



[Spoiler Alert]



EPISODE 5

Broadcast Date: August 3, 2016


Hal terbaik yang dilakukan oleh sutradara dan penulis cerita dari ‘W’ adalah mereka piawai dalam menyebar clue, misteri, hingga pertanyaan yang dimiliki kisah di dua dunia ini, menghadirkan pengungkapan kecil yang kemudian kembali meninggalkan penonton dengan misteri serta pertanyaan. Strategi push–pull itu yang menjadi daya tarik dari ‘W’ yang paling menonjol, merangsang fantasi penonton. Di episode empat penonton ditinggalkan dengan rasa penasaran terhadap apa yang akan Kang Chul lakukan di dunia nyata, apa aksi dan reaksi yang akan terjadi padanya, terjawab dengan manis di sini termasuk kondisi webtoon ‘W’ yang kini berhenti setelah ditinggal pergi karakter utamanya. Episode ini memang tidak berada di level yang sama seperti empat episode sebelumnya namun ia berhasil memberikan sebuah “welcome” yang cukup manis terhadap karakter utama yang telah menembus dinding yang membatasinya selama ini. Momen terbaik tentu saja pertarungan jarak dekat antara KC dan OSM, hal yang telah dinantikan selama ini itu berhasil dieksekusi dengan baik, tentu saja dilengkapi dengan kejutan.


Sebenarnya kondisi di mana OSM dapat masuk ke dalam webtoon telah diantisipasi sejak dua episode awal tapi fakta bahwa ia “datang” tepat sebelum kemunculan pertama OYJ di webtoon terasa cukup mengejutkan. Hal menarik dari kondisi tersebut rasa penasaran pada niat yang tersimpan di balik usaha OSM membunuh KC yang semakin besar meskipun kita tahu selama ini OSM tetap bertahan karena terpaksa. Apa yang sebenarnya Kang Chul lakukan hingga OSM begitu terobsesi untuk membunuhnya? Apakah hanya sebatas akibat OSM yang mentalnya kurang “sehat” dan merasa cemas karena KC ternyata lebih powerful dibanding dirinya? Suka pada cara penulis cerita dalam menarik maju konflik di episode ini, tetap menyajikan beberapa momen lucu dan manis, rasa intens serta kehebohan dari kejutan yang dihasilkan juga cukup manis walaupun diisi dengan perbincangan antar karakter, termasuk adu argument antara Oh Yeon-joo dan  Park Min-Soo aka Crazy Dog yang sengit namun lucu itu.


Selain berhasil membuat fantasi penonton semakin liar episode ini juga membuat agar penonton kembali mengatur ekspektasi mereka pada karakter dan cerita. Yang paling menarik adalah siapa bad guy dan siapa yang menjadi good guy di sini? Dan siapa sebenarnya sosok misterius mencoba membunuh Kang Chul itu? Apakah Han Chul-Ho punya peran besar dan penting yang masih tersembunyi? Saya sendiri masih ragu pada Kang Chul, berkat kemampuan Lee Jong-suk menampilkan kesan ambigu KC masih terasa seperti puppy yang tersakiti dan menunggu waktu untuk menjadi monster yang siap menyakiti. Dia seperti pria yang selama ini mempertanyakan makna dari eksistensinya di ‘W’, merasa putus asa dan kini berada di titik didih paling maksimum, tapi sikapnya yang pasrah ketika ia bersedia menerima apapun ending yang akan terjadi agar OSM dapat menjawab apa yang selama ini ia cari juga terasa cukup memilukan. Itu yang membuat OSM kini semakin ambigu, obsesinya itu kini membuat OSM tampak seperti monster yang menciptakan monster.


Dan last but not least, Oh Yeon-joo. Sebuah kilas balik semakin menguatkan hal penting lain dari cerita yang kini masih bersembunyi: bahwa OYJ merupakan kreator dari Kang Chul yang sesungguhnya, kunci dari kehidupan Kang Chul di dalam webtoon ‘W’, dan bukan tidak mungkin di dunia nyata. Potensi terbaiknya adalah semoga itu digunakan menjadi alasan KC tidak dapat dibunuh oleh OSM, karena OYJ ingin KC bahagia seperti yang ia ucapkan di episode sebelumnya. That’s it, itu alasan mengapa sejauh ini ‘W’ terasa begitu menarik, baru lima episode namun telah memiliki tingkat kompleksitas seperti yang dicapai 10 buah episode dari K-drama pada umumnya. So far saya suka penyatuan dua dunia yang dilakukan, still makes sense with good suspense, sedikit lebih tenang tapi tetap mampu terasa intens dan menarik berkat proses pengungkapan berbagai fakta yang dikemas dengan padat. Where do we go now ‘W’? Keep it fun in an unexpected way please.

Score: 8,5/10




EPISODE 6

Broadcast Date: August 4, 2016


Kenapa pernyataan Park Soo-bong pada Oh Yeon-joo di bagian akhir itu harus di cut?! Cara menggantung yang cukup kurang ajar, meskipun penonton tahu apa yang Soo-bong ingin sampaikan namun mereka harus menunggu enam hari lagi untuk mendapat konfirmasi yang pasti. So, berarti dugaan selama ini punya potensi semakin besar untuk terbukti, bahwa Oh Yeon-joo merupakan kreator KC yang sesungguhnya, the key to KC’s  life. Menerapkan subplot tersebut pada dasarnya akan membuat cerita ‘W’ semakin terasa menarik dan tentu saja dinamis, OYJ mungkin akan lebih sering berada di dunia webtoon dan unsur romance yang hingga episode ini terasa sedikit forced dan masih belum "clear" itu akan menemukan jalan untuk berkembang dengan cara yang lebih lembut terlebih akibat OYJ punya “power” terhadap KC (ingat, wanita ini punya fantasi yang tidak normal). Namun meskipun hal tersebut kelak terjadi sutradara dan penulis cerita harus tetap konsisten pada masalah yang mereka lemparkan sejak awal: who and why pada kehidupan Kang Chul di dalam dunia webtoon.


Berbagai kompleksitas yang telah terbangun memang menarik namun ketika ia berakhir nanti harus memiliki konteks yang juga menarik, alasan dari segala hal yang telah terjadi. Banyak plot dan detail yang terjadi di dalam cerita, itu belum menghitung berbagai fantasi liar yang dimiliki para penontonnya, semoga writer punya rencana yang “sehat” untuk menjelaskan dan menyelesaikan semua masalah yang ia ciptakan di dalam ‘W’. Tapi saya berharap hal tersebut datang secara bertahap, seperti lima episode pertama, tidak seperti di episode ini. Di sini writer seperti melempar berbagai “materi” liar yang memang berhasil untuk membumbui misteri menjadi semakin menarik, seperti Oh Yeon-joo yang tiba-tiba melihat KC tenggelam, killer yang muncul di dunia nyata, hingga mengapa Oh Yeon-joo kembali ke “tempat” di mana ia terakhir keluar dari webtoon? Ini pertanyaan menarik tapi jika di episode sebelumnya saya merasa yakin pada kejutan apa yang akan hadir selanjutnya kini rasa tersebut sedikit kendur. 


‘W’ dibangun dengan tensi yang memikat dan akan terasa menjengkelkan jika setelah titik tengah ia tampil “terlalu mudah” dan berakhir seperti Queen In-Hyeon's Man. Tapi di samping sedikit rasa cemas tadi, dan meskipun menjadi yang paling lemah sejauh ini, episode enam berhasil membuat penonton bertemu dengan berbagai pertanyaan baru, beberapa di antara mereka bahkan terasa cukup gila. Yang paling mudah, mengapa senjata dan peluru itu menghilang tanpa jejak? Bagaimana KC bisa kembali ke dunianya setelah tenggelam di dunia nyata? Lewat smartphone Oh Yeon-joo? Jika KC merupakan kreasi OYJ dan killer tanpa muka itu kreasi OSM apa alasan dan bagaimana cara sehingga ia dapat muncul di dunia nyata? Apakah killer tersebut adalah Han Chul-Ho? Seandainya teori tadi salah maka siapa kreator killer sebenarnya? Park Soo-Bong? Dan bagaimana jika ternyata jenazah yang diidentifikasi oleh Oh Yeon-joo ternyata merupakan Kang Chul mengingat usia jenazah yang telah dalam hitungan bulan waktu dunia nyata? Atau KC loncat dari jembatan di dunia webtoon?


Apakah kemudian akan muncul plot time travel yang memungkinkan karakter tidak hanya berpindah tempat saja namun juga maju dan mundur, past and present. Berbagai pertanyaan seperti tadi yang menjaga ‘W’ tetap menarik, tentu saja akan coba kembali dijawab di episode selanjutnya namun semoga dalam presentasi yang sedikit lebih “sehat” seperti lima episode pertama. Senang melihat KC dan Oh Yeon-joo kembali ke webtoon karena sesungguhnya di sanalah masalah yang paling menarik eksis terlebih kini hal-hal terkait OSM sudah sedikit lebih clear meskipun tetap ada harapan munculnya kejutan baru dari dan di dunia nyata. Untuk sekarang saya berasumsi bahwa KC telah mati di dunia nyata.

Score: 8/10





6 comments :

  1. yes w ratingnya tinggi ngalahin uf wkwkwk, jadi pembunuhnya bukan bapake oyj nih duh puyeng ga terlalu fokus sih nonton hehe. Kudu ngulang nih. Unpredictable jadinya w nih soalnya genre baru ya didunia kdrama.

    ReplyDelete
  2. Tambahan bang ror, di episode 5
    baru kali ini ada drama korea yg setengah dari jam tayangnya, hanya dihabiskan dengan 2 aktor yg sedang beradu argumen duduk di kursi panas, saya pun gak sadar. There wasn't any single moment and discussion was bored!
    *spoiler ahead* Ga sedikit yg mempertanyakan kenapa KC nembak OSM, saya sih gak nyangka tapi gak kaget2 juga entah apa tujuan KC nembak, yg saya tangkep KC sedang menunjukkan sikap rebelnya karna terus2an dibatasi yg terdengar seperti aksi provokasi oleh OSM. Tapi setelah itu KC nyebut dirinya pembunuh? Hmm

    Ep 6,
    First calm episode. Good lah, mengingat di episode 5 banyak jawaban yg "berojol" dari sana, saya anggap episode ini adalah masa nifasnya *apasih XD* dan yang saya harap kedepannya setelah ep5-6 ini, W gak akan kehilangan element2 khasnya yg udah disebutkan bang rory.

    Dikabarkan minggu ini W gak tanyang karna ada jadwal penayangan olimpiade Rio di stasiun tv sebelah. Fyi, kebanyakan knetz sangat antusias sama hal2 yg membawa nama negara seperti ini, banyak dari mereka yg pastinya akan menonton pertandingan daripada drama *sigh* Mungkin dikhawatirkan rating W akan turun, mereka pause jadwal dramanya. Semoga saja tidaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, karena dari teaser episode tujuh sepertinya elemen romance bakal dapat kesempatan tampil lebih besar. Semoga tetap seimbang. Sudah pasti tidak tayang untuk minggu ini? Hari minggu yang lalu kabarnya masih bisa tayang setelah penayangan event Olimpiade. Haha, betul memang, nasionalisme Knetz bukan topeng belaka.:)

      Delete
  3. tetap tayang kok eps 7 nya...betul.bnget setiap eps nya selesai selalu ada hal baru yg buat penonton bertanya2...

    ReplyDelete
  4. Semakin gila!!! Aku jg jadi waspada mau berekspektasi lebih, detailnya lumayan banyak gini.

    ReplyDelete
  5. Kak review yg part 4 majuin dong, kan cuma 1 eps doang kok. Gregetan nih kalo nunggu senin. :(

    ReplyDelete