03 December 2012

Movie Review: Seven Psychopaths (2012)


Psikopat, unik dan berbahaya, karena dibalik tampilan normal yang mereka miliki psikopat merupakan sebuah threat terselubung yang dapat mengancam nyawa anda. Mereka bisa tampil lucu dan lembut, tapi mereka dapat berubah menjadi makhluk buas yang manipulatif, melakukan tindakan kriminal tanpa rasa empati dan toleransi. Seven Psychopaths, film komedi Inggris yang akan membawa anda bermain-main bersama para psikopat. Ya, para, karena dia punya tujuh orang psikopat.

Konflik utamanya adalah seorang penulis bernama Marty Faranan (Colin Farrell), sedang menyusun screenplay dengan tema psikopat, namun harus tampil bersih. Ya, tampil bersih, Marty tidak mau ada adegan tembak hadir dalam ceritanya kelak. Billy Bickle (Sam Rockwell), seorang aktor yang sedang menganggur dan kini bekerja sebagai pencuri anjing, berniat membantu sahabat baiknya ini. Celakanya Billy melakukan sebuah kesalahan yang menghancurkan harapan kecil dari Marty tadi.


Bersama rekannya Hans Kieslowski (Christopher Walken), pria religius yang memiliki catatan kriminal di masa lalu, Billy ternyata mencuri seekor anjing dengan pemilik yang tidak biasa. Bonny, anjing jenis Shih Tzu, ternyata adalah anjing kesayangan dari seorang pemimpin gangster yang sangat kejam bernama Charlie Costello (Woody Harrelson). Seorang penulis, masuk kedalam masalah akibat kesalahan yang dilakukan temannya, dan kabur dari kejaran pria kejam yang menginginkan anjingnya kembali. Kekacauan yang terjadi ini pada akhirnya menjadi inspirasi Marty.

Jangan anggap remeh premis yang ditawarkan oleh Martin McDonagh di karya terbarunya ini. Standar memang jika anda membaca sinopsis yang ia tawarkan. Namun, McDonagh kembali membungkus film ini seperti yang ia lakukan pada In Bruges, sinopsis yang tidak begitu megah, namun berhasil membuat penontonnya tertawa bersama kisah yang kejahatan yang kelam. Ya, McDonagh sekali lagi mampu memberikan kejutan lewat screenplay yang ia bentuk dengan baik, dengan memanfaatkan karakter-karakter yang sebenarnya tidak begitu special.

Dibuka dengan dua pria bernama Larry (Michael Pitt) dan Tommy (Michael Stuhlbarg) yang sedang ngobrol santai, datang seorang pria bertopeng, dan dor, mereka berdua mati dengan tanda kartu jack diamonds merah disampingnya. Haha, itu sukses untuk sebuah kejutan diawal cerita, dan menciptakan misteri bagi cerita. Ya, misteri, itu yang menjadi kunci sukses film ini. McDonagh memberikan beberapa misteri kecil, saling terkait, tidak begitu mudah untuk dibongkar, namun berhasil terus mengundang saya untuk ikut mencoba mencari tahu jalan keluarnya. Dari kartu jack, maksud kehadiran singkat Zachariah Rigby (Tom Waits) yang seorang mantan pembunuh berantai, hingga siapa sebenarnya pendeta Vietnam yang muncul dan hilang begitu saja.


Dengan tema psikopat, film ini mampu tampil “gila”. Dengan jalan cerita yang tidak tercipta secara gamblang, misteri-misteri kecil yang efektif, Seven Psychopaths berhasil memberikan sebuah sensasi yang cukup jarang saya dapatkan dari film dengan tema yang sama, paket cerdas yang mengundang tawa. Cerdas, dari cara mengeliminasi tiap karakter yang benar-benar menampilkan ciri khas dari seorang psikopat, sampai cara ia diakhiri yang berhasil mengungkap jawaban dari semua misteri tadi dengan cara yang elegan. Tapi, bagi saya elemen paling menarik dari film ini adalah ia mampu membuat saya untuk bertanya siapa yang harus saya percaya. Mereka seolah mencoba menunjukkan kepada anda bahwa mereka yang terbaik diantara yang lain, dengan cara yang bervariasi, dan membuat anda bingung untuk memilih percaya pada siapa karena masing-masing mampu tampil menarik dan tidak tenggelam dari karakter lain.

Tertinggal beberapa noda yang sedikit merusak keberhasilan yang saya sebutkan diatas. Setelah dibuka dengan manis, anda akan mendapatkan proses pengenalan karakter yang sedikit lambat. Beberapa bagian terasa tidak begitu penting, seharusnya tidak perlu dijelaskan begitu detail untuk menciptakan misteri baru pada cerita. Ya, terutama di bagian tengah cerita, tensi terasa sedikit turun bagi saya, mengecewakan. Kemudian, meskipun diakhiri dengan cara yang elegan, namun ending yang diberikan justru gagal untuk setidaknya selevel dengan pembukaan yang sangat menarik diawal. Dan kekurangan terbesarnya, dua karakter wanita yang seolah hanya menjadi pelengkap poster dan juga judul cerita. Apa peran Abbie Cornish dengan karakternya? Olga Kurylenko, beradegan intim, kemudian hilang begitu saja? Ya, terasa sedikit tertipu memang, karena ekpektasi awal jelas terdapat tujuh orang psikopat gila.


Overall, Seven Psychopaths adalah film yang memuaskan. Martin McDonagh masih berada di standar yang ia miliki. Kembali, dengan premis yang terasa biasa bagi saya McDonagh membentuk film ini menjadi menarik lewat screenplay yang mumpuni. Ya ya, saya suka bagaimana cerita ini hadir dengan konflik kejahatan yang mampu memikat dengan dialog dan kelakuan yang psycho. Dibantu para pemeran yang berhasil menjadikan karakternya tampil menarik, film ini justru terasa sedikit jatuh dibeberapa bagian. Ibarat grafik, dibuka di angka 8,5, kemudian turun menjadi menjadi 7 di tengah cerita, dan sayangnya gagal untuk sejajar seperti ketika ia dimulai.

Score: 7,5/10

1 comment :

  1. Saya rasa 2 orang wanita yang tampil cuma sebentar memang disengaja, seperti kata Hans pas dia mengomentari tulisan martin.. "Karakter wanita dalam tulisanmu seperti buat hiasan saja" Kira2 begitu kalimatnya..

    ReplyDelete