14 June 2016

Fresh Fifteen: May


15. OneRepublic - Wherever I Go

Untuk klik dengan perpaduan pop-rock bersama indie-pop-electronic ini tidak semudah dibandingkan dengan single-single OneRepublic sebelumnya, but the hook so tasty dan rasa segar tidak luntur ketika mendengarkannya berulang kali. Dengan builds up yang seolah meminjam sedikit nafas EDM dalam kuantitas yang tepat OneRepublic berhasil menghadirkan something “fresh” meskipun tetap menggunakan formula andalan mereka.







14. Justin Timberlake - Can’t Stop The Feeling



The next ‘Happy’? 'Can’t Stop The Feeling' adalah tipikal lagu dengan formula yang mudah kita temukan sekarang ini, berikan beat dasar yang standar lalu campur bersama elemen dance, pop, dan sedikit jazz, jenis lagu yang mampu membuat pendengarnya sejenak keluar dari segala kepenatan aktivitas yang ia lakukan. Yeah, it's so difficult not to get excited everytime listening to this formulaic disco-pop.




13. Seo Hyun-jin & Yoo Seung-woo - What Is Love (Another Oh Hae-young OST)



Sama seperti judulnya lagu pop dengan sedikit sentuhan rock ini berhasil bercerita tentang perasaan cinta dari masa lalu yang datang kembali dengan sangat baik. Memberikan sentuhan orchestra semakin membuat ‘What Is Love’ terasa berwarna meskipun ia harus berterima kasih pada chorus yang menghasilkan hook begitu kuat dengan feel playful yang catchy dan dieksekusi dengan baik oleh Seo Hyun-jin (reguler Oh Hae-young) serta Yoo Seung-woo.




12. Ben - Just Like a Dream (Another Oh Hae-young OST)



A sad ballads with string arrangements and piano yang merupakan hidangan lezat bagi Ben. That’s enough. Setelah mengisi berbagai original soundtrack tv-series (Marriage, Not Dating; Healer, Producer, Oh My Ghostess, Hello Monster, dan Oh My Venus) semoga ‘Just Like a Dream’ membawa Ben untuk memperoleh recognition yang selama ini ia layak dapatkan.  





11. Ariana Grande ft. Nicki Minaj - Side to Side 

Sebuah upbeat pop dengan sentuhan reggae dan ska yang hypnotic bersama dengan "Rihanna vibes" yang terasa menggoda. Meskipun tidak memiliki lirik yang standout tapi energi yang 'Side to Side' hadirkan terasa begitu konsisten, sejak awal hingga akhir sulit untuk tidak ikut bergoyang bersama kombinasi that guitar strumming dan beats rasa tropical.





10. Kisum - 2 Beer



2 Beer merupakan Korean Hip-hop yang generik meskipun hard to hate, tapi bagaimana Kisum berbicara baik itu ketika bernyanyi maupun lewat rapping membuat 2 Beer lebih dari sekedar lagu hip-hop yang forgettable, ia mampu menampilkan pesona cool dari seorang rapper tanpa harus mencoba terlalu keras dan berlebihan. She had a really good charm and vibe.




9. MKTO - Superstitious



Jika anda belum mendengar lagu ini mondar-mandir di stasiun radio kesayangan anda maka ada yang “salah” dengan DJ yang mereka miliki. Superstitious merupakan tipikal lagu yang begitu mudah untuk menjadi “golden boy” di radio, sebuah perpaduan simple antara dance bersama rap yang funky plus groovy dan mudah membuat pendengarnya bergoyang bersama. It’s a repeatable track.





8. Roy Kim - Maybe I (Another Oh Hae-young OST)



Sebuah acoustic folk song dengan sentuhan ballad yang begitu manis, 'Maybe I' sukses bercerita tentang sebuah perasaan mau tapi ragu dengan sangat baik. Ini tidak berusaha terlalu keras untuk menghadirkan kejutan namun alunan soothing melody yang terus stabil hingga akhir serta berpadu dengan vokal Roy Kim yang lembut justru membuat lagu ini terasa adiktif dan menyebabkan ingin mendengarkannya lagi dan lagi.




7. Ariana Grande - Touch It

Ini seperti mendengarkan elemen pop, rock, ballad, dan EDM bercampur menjadi sebuah lagu "bingung akibat cinta" yang dark tapi edgy, klik sangat manis dengan tipe vokal Ariana. Sangat adiktif.




6. Céline Dion - Encore un soir



We don't need to talk about Celine Dion vocal quality, right? Pertanyaan adalah apakah lagu yang didedikasikan untuk mendiang mantan suaminya ini berhasil menyampaikan apa yang ingin disampaikan oleh Celine Dion? Big yes. It's a freaking sad and heartbreaking song. The show must go on.




5. Dua Lipa - Hotter Than Hell 



Ini seperti lagu yang diciptakan oleh Taylor Swift dan Calvin Harris dengan Lorde sebagai third wheel. Sebuah pop dengan percikan EDM synths namun tetap memiliki kesan “gelap” yang menarik terhadap kisah tentang sakit hati yang sassy dan on point,Hotter Than Hell’ memiliki beat dan hooks yang kuat namun terasa semakin kuat karena di atasnya eksis vokal Dua Lipa yang sukses menghantarkan tiap baris lirik dengan seduktif, tidak terasa terlalu “matang” sehingga feel sakit yang tersimpan memiliki punch yang nikmat. ‘Hotter Than Hell’ menjadi single pertama Dua Lipa yang sukses masuk ke UK Single Chart. That’s a very good sign, hope she’ll continue to deliver another great banger this year. Is it hotter than hell? Well, I don’t wanna know. But again, Dua Lipa is the next big thing.





4. Jung Seung-hwan - If It Is You (Another Oh Hae-young OST)



Jika musik hanya sebatas kombinasi nada dan kata yang mencoba membuat pendengarnya ikut “merasakan” apa yang hendak ia sampaikan maka lagu ini memiliki sebuah pencapaian yang memuaskan. 'If It Is You' merupakan sebuah pop ballad dari Korea, namun meskipun anda tidak mencoba untuk ingin mengerti makna yang tersimpan di dalam liriknya anda tetap akan mampu merasakan “rasa” sakit miliknya yang disampaikan dengan sangat baik oleh Jung Seung-hwan.






3. Ariana Grande - Greedy

Merupakan lagu yang paling cepat mencuri perhatian dari album Dangerous Woman, ‘Greedy’ merupakan pernyataan isi hati dari seorang wanita yang terasa playful, sebuah disco-inspired yang dicampur dengan manis bersama vibe orchestra disampingnya. Kelebihan lain dari ‘Greedy’ adalah vokal Ariana begitu bersinar dan mencuri atensi tidak peduli seberapa dalam atau jauh pendengarnya tenggelam bersama rhythm kombinasi antara retro disco dan bubblegum pop yang terasa seksi itu. This one is a banger on dance floor.




2. Clean Bandit ft. Louisa Johnson - Tears

It’s summertime sadness with electronica rhythm and classical tones. Meskipun keunikan dari tone vokal Louisa Johnson terasa mini tidak menghalangi ‘Tears’ untuk menjadi another glorious banger from Clean Bandit. Kembali dengan formula dan trademark seperti yang pernah Clean Bandit lakukan di ‘Rather Be’, ‘Tears’ memulai semuanya dengan santai dan kemudian berubah menjadi fast-paced disco yang di campur dengan sangat manis bersama classical elements, memiliki dance vibe yang konsisten berpadu bersama chorus yang energik, dan semuanya sukses menghantarkan that “uplifting message” yang dibawa. Another impressive and standout tracks with stellar composition from Clean Bandit.






1. Ariana Grande - Into You



‘Into You’ adalah lagu yang paling tepat mewakili usaha Ariana untuk tampil lebih “mature” di album terbarunya ‘Dangerous Woman’. Bercerita tentang hubungan rahasia highlight dari lagu yang memiliki beats berat dengan big bassline ini justru terletak pada komposisi antara musik dengan vokal Ari. Synths dan dance beats punya hook yang asyik dan mereka semakin lengkap karena Ariana berhasil mengajak pendengar untuk ikut merasakan feel flirty dari obsesi yang tersimpan di dalam lirik. Sangat suka pula dengan up and down notes, suara Ariana di satu bagian terasa breathy, lalu ada falsetto, kemudian ada high notes. A little bit dangerous, but baby, that's how I want it. I’m so into it.










2 comments :

  1. terlihat banget kalo bang rory lagi tergila2 sama drama series Another Oh Hae-young krn hampir separuh list ini berisi ost drama itu.
    Saya juga ngikuti drama nya emang lumayan bikin baper nunggu tiap minggu tuh drama..hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sepertiga lebih tepatnya. Apa boleh buat, soundtrack AOHY asyik-asyik, klik dengan cerita. :)

      Delete