28 November 2015

Review: The Accidental Detective [2015]


Masalah kriminal, misteri pembunuh utama, lalu alur prosedurial yang sedikit diwarnai dengan komedi. Sudah berapa sering formula seperti itu kamu saksikan? Lalu apakah dengan mengusung formula klise tadi lantas tidak ada yang menarik dari film asal Korea ini? Ada satu hal yang menarik dari industry film Korea, dasar cerita yang mereka gunakan kerap kali membuat kamu merasa familiar tapi mereka tahu bagaimana mengolah isu kecil didalamnya supaya meninggalkan kesan hangat bagi penontonnya. Seperti judulnya The Accidental Detective (Tamjung: Deo Bigining) adalah film tentang detektif, tapi ia juga menghadirkan isu relationship yang menarik.

Di dunia online Kang Dae-man (Kwon Sang-woo) merupakan sosok yang populer, tapi di kehidupan nyata yang terjadi justru sebaliknya. Selain menjalankan sebuah toko buku komik, pria yang punya fantasi pada misteri seperti Sherlock Holmes itu merupakan suami yang takut pada istrinya, Mi-Ok (Seo Young-Hee), dan menjalankan peran sebagai babysitter. Kemampuan menganalisa misteri Dae-man sebenarnya tidak sembarangan, dan sebuah tragedi pembunuhan yang menimpa sahabatnya membuat Dae-man berusaha keras untuk menangkap pelaku. Celakanya ia harus bermitra dengan detektif veteran bernama Noh Tae-soo (Sung Dong-il), yang jika dibandingkan dengan Dae-man ibarat air dan api. 



Sepintas kombinasi antara Dae-man dan Tae-soo ibarat dua orang pintar yang berkerjasama memecahkan sebuah misteri, tapi hal paling menarik yang film ini berikan pada saya justru terletak pada hubungan antara suami dan istri yang ia selipkan disamping konflik utama. Kim Joung-hoon memang tidak secara frontal menjadikan petualangan penuh alur dan konflik klise itu untuk membuat kamu menilainya sebagai drama tentang keluarga, tapi keputusan untuk meninggalkan isu tadi seolah sebagai pelengkap justru menjadikannya sebagai hal paling memorable dari film ini. Disini suami seolah tidak punya martabat sehingga istri terus mengomel, dan suami coba meraih kembali martabatnya.



Lalu bagaimana dengan misteri cerita? Misteri dengan berbagai liku-liku miliknya itu tidak buruk, tapi mereka memang cuma digunakan untuk membuat karakter terus sibuk, sembari memperdalam isu dan karakteristik terkait suami dan istri tadi. Positifnya adalah walaupun tidak solid tapi kasus yang klise tadi terus terasa dinamis, alur mondar-mandir terasa ringan dan tidak pernah terasa stuck. Proses penyelidikan memang tidak di set untuk tampak rumit, sesekali ada momen yang memberikan kamu thrill dan sejenak menahan nafas, tapi sisanya berisikan dua karakter utama saling mengomel satu sama lain, hal yang uniknya menjadikan cerita tetap terasa menarik diikuti.

The Accidental Detective ini sebenarnya mendorong konsep buddy comedy, dan usaha itu berhasil membuat film ini terus hidup meskipun berisikan aksi memecahkan masalah dimana masalahnya sendiri tidak stabil tampil menarik. Ketika Kwon Sang-woo dan Sung Dong-il mendorong lelucon, mereka menghasilkan hit. Begitupula ketika Kwon Sang-woo berinteraksi dengan Seo Young-Hee, hit juga oke. Saya suka dengan cara Kim Joung-hoon membentuk karakter Mi-Ok disini, ia membuat istri yang mengomel tidak tampak menjengkelkan, justru tampak seperti motivasi. Kesuksesan tik-tok itu juga akibat chemistry para pemeran utama yang manis, ada rasa benci tapi mereka tetap tampak menyenangkan.



Pada akhirnya The Accidental Detective berhasil terasa manis karena sejak awal ia berhasil membuat penonton mengerti tujuan yang ingin ia capai. Memang jualan utamanya adalah sebuah misteri tentang pembunuhan tapi itu tidak terlalu mendominasi, berbelit-belit dengan ending yang terhitung oke meskipun tetap berusaha memberikan kejutan. Yang menarik adalah unsur drama dan komedi yang punya posisi sejajar dengan aksi prosedurial, mereka manis, hangat, dan menyenangkan. Jika The Accidental Detective dijadikan sebuah tv-series maka saya berada di posisi terdepan untuk menyaksikannya.








2 comments :

  1. Dari shot shotnya kayaknya cantik semua ya. Dan biasanya akting Sung Dong Il oke, jadi pengen nonton :D

    ReplyDelete
  2. donlot nya dimna mas...pengen nonton jga

    ReplyDelete