18 January 2014

Movie Review: The Face Reader (Gwansang) (2013)


Kesuksesan kerap kali dikaitkan sebagai hasil yang diperoleh dari kemampuan satu individu untuk mempergunakan kemampuan yang ia miliki dengan baik. Ya, dengan baik, karena ternyata kesuksesan bukan merupakan opsi tunggal yang tersedia dimana kemampuan tersebut dapat pula membawa kita masuk kedalam sebuah jeratan bahaya. Hal tersebut yang dibawa oleh The Face Reader (Gwansang), kisah history yang menarik, namun forgettable.    

Dibalik kehidupan sederhana yang ia jalani bersama adik iparnya, Paeng-Hun (Cho Jung-Seok), Nae-Gyeong (Song Kang-Ho) sesungguhnya punya keahlian yang eksistensinya masih sangat langka. Nae-Gyeong merupakan seorang pembaca wajah, ia mampu mengidentifikasi dan menilai karakter dan nasib seseorang hanya dengan sepintas melihat wajah mereka. Namun selama ini ia tidak pernah menggunakan kemampuan tersebut untuk meraup keuntungan karena putranya yang bernama Jin-Hyeon (Lee Jong-Suk) tidak senang dengan tindakan tersebut, sampai akhirnya itu berubah berkat kehadiran Yeon-Hong (Kim Hye-Soo).

Informasi yang diberikan oleh Yeon-Hong menjadikan Nae-Gyeong dan Paeng-Hun berani untuk masuk ke Hanyang. Jalinan kerjasama dengan Yeon-Hong ternyata membawa mereka ketingkat yang semakin tinggi, Kim Jongseo (Baek Yoon-Sik), raja yang kemudian memerintahkan ia untuk mengidentifikasi para pengkhianat di pemerintahan. Tapi celakanya pekerjaan barunya tersebut justru menjadi awal terkuaknya sebuah rencana yang membahayakan negeri, rencana yang disusun oleh Prince Suyang (Lee Jung-Jae).


Ini selalu identik dengan liburan di Korea Selatan yang lebih dikenal dengan sebutan Chuseok, dimana sebuah film hadir dengan mengandalkan tema history yang kemudian bermain bersama konflik di lingkungan kerajaan. Masquerade adalah contoh terakhir dari film dengan tema serupa yang berhasil meraih kesuksesan besar pada momen tersebut, dan itu tidak berhenti karena tahun lalu The Face Reader (Gwansang) mampu meraup keuntungan serupa, bertahan selama 11 minggu, meraih 9 juta penonton, dan berhasil meraih tampuk tertinggi pada salah satu penghargaan perfilman Korea, padahal berada ditengah kepungan Snowpiercer dan Miracle in Cell No.7.

Tentu ada alasan mengapa penonton Korea tidak pernah bosan untuk meluangkan waktu mereka menyaksikan film yang pada dasarnya masih menggunakan formula yang sama, menghadirkan konflik lewat permasalahan internal yang mayoritas tersebar pada dua opsi besar yaitu antara politik atau keluarga, kemudian ditunjang dengan segi teknis yang mumpuni. Jawabannya adalah karena insan perfilman Korea bukan hanya sekedar sanggup mempertahankan kualitas, namun juga selalu mampu membentuk kembali hal klasik dan tradisional itu agar terasa segar dan jauh dari kesan membosankan.

Ya, itu kunci keberhasilan The Face Reader. Ada dinamika yang walaupun tidak megah namun mampu mempertahankan irama cerita, kemudian berpadu dengan komedi lewat tingkah dan dialog yang klasik, namun dibalik itu Kim Dong-Hyuk dan Han Jae-Rim seperti paham betul bagaimana cara agar tampilan ringan yang ia hadirkan tidak menghilangkan cengkeraman cerita yang mudah dipahami itu dari atensi penontonnya. Bergerak perlahan penuh kesabaran, secara bertahap kita diajak masuk kedalam cerita yang dengan sangat halus bergeser dari sebuah drama komedi menjadi melodrama dengan warna yang lebih serius.

Benar, sangat halus, Han Jae-Rim seperti ingin membangun dengan sebaik mungkin kekuatan cerita dan karakter walaupun pada akhirnya harus rela memakan durasi yang begitu panjang itu, 139 menit. Ia memang berhasil, dengan tatanan produksi yang manis kisah tentang ironi dari seorang pria loyal yang harus terjebak tak berdaya tanpa pilihan itu sukses menjaga nafasnya hingga akhir, dan juga menggambarkan sejarah dari konflik yang ia usung. Tapi keuntungan tersebut menjadikan ini terasa kurang padat, momentum kerap kali kendor, sehingga dramatisasi dengan warna mellow di akhir tampak kurang kokoh.

Tidak hancur memang, namun dengan hasil tersebut petualangan berputar-putar dengan gerak naik dan turun selama dua jam ini akan terasa forgettable. Itu bahkan tidak mampu dibantu oleh divisi akting yang sesungguhnya bekerja dengan baik. Cho Jung-Seok dan Kim Hye-Soo berhasil menjalankan fungsi karakter mereka dengan baik, begitupula dengan Lee Jung-Jae lewat penggambaran sisi hitam dan ancaman dari karakternya. Namun bintangnya masih Song Kang-Ho, langsung menarik atensi baik itu pada karakter dan juga cerita sejak awal, tampil tenang dalam dua warna cerita.


Overall, The Face Reader (Gwansang) adalah film yang cukup memuaskan. Berhasil menarik atensi bukan hanya dengan mengandalkan sisi teknis yang kembali tampil mumpuni, namun juga dengan pertumbuhan dari karakter dan struktur cerita yang bergerak pelan dan sabar, namun sayangnya tidak mampu meraih titik tertinggi dari potensi yang ia miliki karena terasa kurang padat dan kerap kali kehilangan momentum.



2 comments :

  1. Eniwei udah lama ikuti blog ini, reviewnya oke walaupun kadang harus mikir keras biar bisa dicerna otak. Tempat bertanya/mencari tau sebelum memutuskan untuk membeli/download. Keren. Segmented.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lol, segmented. Coba dibaca pakai irama (bukan irama lagu lho ya), karena setiap nulis udah di set seperti itu, siapa tahu semakin mudah. Thanks. :)

      Delete