27 January 2013

The 2nd Annual PnM Awards

Fiuhh, 2012 adalah tahun yang indah, sekaligus melelahkan. Ya, selain punya banyak film berkualitas, ia juga berhasil menghadirkan banyak insan-insan industri film yang mampu menuntut saya untuk sedikit lebih ekstra teliti dalam menentukan yang terbaik diantara mereka. Gap yang mereka hadirkan tidak terlalu besar, malah beberapa terasa sangat tipis. Hal tersebut pula yang menjadikan saya dengan berat hati memaksa beberapa diantara mereka untuk tidak masuk dalam nominasi, yang bahkan jumlahnya sudah saya perbesar menjadi sembilan. Yay, Lets get the party started!!


Sangat sulit untuk memilih yang paling terbaik dari daftar film terbaik yang anda buat sendiri. Contoh korbannya adalah Sinister, dan Beasts of the Southern Wild, yang harus puas disingkirkan oleh Rust & Bone, serta Life of Pi yang kalah tipis dari Amour. Oleh karena itu hadir 15 film dalam daftar Honorable Mention untuk Top 12 films of 2012, berisikan film-film yang tidak kalah berkualitas namun sayang karena beberapa faktor x tidak dapat menembus Top 12. Hal tersebut juga terjadi di awal tahun ini, dengan kuantitas yang tentu saja lebih kecil. Sebut saja The Impossible dan The Sessions, yang merupakan film bagus, namun sayang tidak dapat menembus daftar nominasi Best Picture, nasib yang juga dialami oleh Cloud Atlas


Terdapat beberapa kategori baru pada PnM Awards tahun ini, kategori yang saya rasa cukup saya amati secara konsisten sejak awal tahun lalu. Oke, langsung saja, turn your lights off, play a drum roll, dan ijinkan saya mempersembahkan PnM Awards 2013. Sampai jumpa tahun depan. :)





















2 comments :