12 October 2012

Movie Review: Safety Not Guaranteed (2012)


Time travel, apakah anda percaya bahwa itu akan dapat dilakukan dimasa depan? Pasti mayoritas akan berkata tidak, dan mungkin akan ada beberapa orang yang percaya, pada akhirnya akan dianggap “gila” oleh lingkungannya. Kenneth (Mark Duplass), memasang sebuah iklan yang berisikan tawaran untuk menjadi partner-nya kembali ke masa lalu. Hal tersebut menarik perhatian Jeff (Jake Johnson), seorang penulis di sebuah majalah, untuk mencari tahu fakta dari misteri yang diciptakan oleh Jeff, dan menjadikannya sebagai artikel. Ya, Kenneth memberitahu dalam iklannya bahwa ia hanya pernah melakukan ini sekali, safety not guaranteed.

Jeff memperoleh dua partner dalam kasus yang akan ia selidiki ini. Darius (Aubrey Plaza), wanita muda yang antisocial, dan Arnau (Karan Soni), pria geek yang pemalu. Mereka menuju kediaman Kenneth, dan menjadikan Darius sebagai spy dengan menyamar sebagai orang yang tertarik untuk bergabung dengan Kenneth.

Film dengan budget yang kecil ini merupakan karya pertama dari Colin Trevorrow dan Derek Connolly yang saya tonton. Sebuah ide cerita yang sebenarnya sangat mudah untuk anda nilai kecil dan aneh, tiga orang penulis yang mencoba membongkar misteri yang disimpan oleh pria yang mengaku dapat melakukan time travel. Ya, banyak orang yang mengaku bahwa mereka dapat melakukan itu. Namun sedikit yang dengan sangat berani mengundang orang lain untuk bergabung dengannya, dengan cara memasang iklan.


Dengan menyandang label komedi dan drama, sejak awal saya tidak mengharapkan akan mendapat sebuah sajian drama yang begitu intens. Apalagi Trevorrow menggandeng dua aktor yang telah lekat dengan “komedi”,  Jake Johnson di New Girl, dan Aubrey Plaza di Parks and Recreation. Ya, saya mengharapkan film ini dapat menghibur saya dengan humor yang mereka tampilkan. Namun, Mark Duplass menjadikan semua berubah.

Duplass akan mencuri perhatian anda dibalik humor yang diselipkan oleh karakter lain. Awalnya seperti kebanyakan orang saya juga menilai bahwa Kenneth adalah orang gila. Namun, yang menjadikannya berbeda adalah saya mengantisipasi sebuah akhir yang mungkin saja akan berbeda dengan perkiraan saya. Ya, Duplass menjadikan saya merasa semakin yakin bahwa Kenneth adalah seorang time travel lewat penampilannya yang oldies.

Chemistry yang tercipta antara Duplass dan Plaza juga menjadikan kisah yang mereka bangun tampak semakin menarik. Membangun alat time travel dengan bahan hasil curian, memberikan uang kepada temannya sesama karyawan, memberikan sebuah sisi positif dan negatif dari Kenneth, yang akan menjadikan anda kembali mempertimbangkan apa dia benar gila atau tidak. Begitupula dengan Plaza, yang sejak awal berhasil menjadikan sosok Darius sebagai wanita yang kuat, kemudian menjadi lemah karena suasana yang tercipta. Connolly memang menyelipkan sebuah konflik pendukung dengan mengangkat kisah masa lalu dari Jeff, namun tidak begitu berhasil mencuri perhatian, meskipun tugas dari kisah tersebut berhasil dieksekusi dengan baik.

Dibalik misteri yang masih tersimpan rapi, di iringi pertanyaan yang terus berputar bersama fantasi yang diciptakan, film ini tidak memberikan rasa bosan meskipun berjalan lambat. Dengan script yang simple dan menarik, dibantu dengan penampilan apik dari para pemain yang memberikan performa sesuai kapasitas yang mereka miliki, film ini menghadirkan sebuah kisah yang tidak tampak begitu dipaksakan oleh Trevorrow. Dia menampilkan bagaimana hubungan antar manusia dibangun, dengan mengangkat tema memori masa lalu, dan terasa sangat realistis.


Overall, Safe Not Guaranteed adalah film yang menyenangkan. Ya, ini film komedi, dan itu bekerja dengan baik. Dengan sabar Colin Trevorrow mengupas cerita dari Kenneth, dan memasukkan Darius kedalam sebuah konflik yang lebih kompleks. Dan, ketika kebimbangan telah berhasil menjerat anda, hadir sebuah akhir cerita yang sangat sangat mengejutkan. Film yang cerdas, dan berhasil menyentuh lewat cerita yang simple.

Score: 7,8/10

0 komentar :

Post a Comment