01 August 2012

Movie Review: The Pact (2012)



Nicole (Agnes Bruckner), kembali kerumah dimana ia menjalani masa kecilnya, yang telah kosong setelah ibunya meninggal dunia. Nicole meminta saudara perempuannya Annie (Caity Lotz) untuk datang, sebagai rasa penghormatan kepada mendiang ibu mereka. Tiba-tiba Nicole merasa kangen dengan anak perempuannya, yang ia titipkan kepada Liz (Kathleen Rose Perkins). Nicole datang kerumah yang telah kosong itu seorang diri. Namun anehnya, ketika melakukan video call, anak perempuannya melihat seseorang berada dibelakangnya.

Sumbernya adalah sebuah pintu, yang menjadi akhir perjalanan Nicole. Annie tiba dirumah tersebut, dan tidak menemukan Nicole. Annie berpikir mungkin Nicole depresi dan memilih untuk menenangkan diri sejenak. Itu perkiraan Annie pada awalnya, berubah setelah ia juga mengalami hal-hal aneh dirumah kosong tersebut, dan hilangnya Liz. Dengan bantuan Polisi Bill Creek (Casper Van Dien) dan pertolongan teman masa SMA-nya, Stevie (Haley Hudson), yang memiliki sixth sense, Annie mulai mencari keberadaan Nicole dan Liz, yang ternyata ada hubungannya dengan kisah masa lalu ibunya.


Nicholas McCarthy memutuskan melanjutkan film pendek yang ia ciptakan tahun lalu dengan judul yang sama. Sejak awal nuansa mencekam sudah McCarthy coba sajikan dengan scene Nicole sendirian di rumah kosong, dan gagal. Yang menarik hanya ketika anak perempuan Nicole melihat sosok lain dibelakang Nicole. Ceritanya sendiri sedikit lambat, mengalir dengan baik, meskipun dibeberapa bagian terkesan sedikit stuck. McCarthy coba menyajikan beberapa cerita, yang celakanya memiliki power yang tidak kuat, dan berakhir dengan ending yang kurang memuaskan. Datangnya dari mana, dan hilang kemana, tidak dijelaskan dengan baik. Untuk meninggalkan rasa penasaran? Yah, anehnya saya tidak penasaran sama sekali.

Yang sedikit membantu debut dari McCarthy adalah efek kejut yang ia berikan dan cinematography. Saya tidak mau membandingkan dengan Paranormal Activity yang menurut saya sangat sukses dalam hal shocking moment. Namun apa yang “The Pact” berikan masih lebih baik dari film horror terakhir yang saya tonton, The Monitor (Baby Call). Caity Lotz juga menjadi factor penyelamat film ini. Caity berhasil menyajikan performa yang cukup baik, berhasil mencuri sedikit perhatian meskipun penggambaran yang McCarthy lakukan sejak awal menjadikan karakter Annie memiliki daya tarik yang kurang kuat. 


Overall, The Pact memberikan tontonan yang cukup memuaskan. Sedikit berhasil diawal ketika proses penciptaan masalah dimulai, McCarthy mencoba menyuntikkan cerita lain yang memiliki keterkaitan dengan cerita awal, namun tidak berhasil ia jaga dengan baik, dan berakhir dengan ending yang merusak cerita yang telah ia bangun. Kurangnya power dari cerita utama, menjadikan cerita menjadi kurang fokus. Yap, untuk efek kejut dengan kehadiran sosok lain memang cukup sukses, dibantu oleh score yang berhasil menjaga tensi dari suasana tegang, meskipun kurang variatif. Memang cukup seram, tapi itu minor, selebihnya kurang memuaskan.

Score: 6/10

0 komentar :

Post a Comment