17 May 2012

Movie Review: Bel Ami (2012)



Bel Ami, diangkat dari novel karya Guy de Maupassant yang dirilis pada tahun 1895. Film yang bersetting kota Paris ditahun 1890 ini bercerita tentang Georges Duroy (Robert Pattinson), seorang pemuda mantan tentara yang kini berprofesi sebagai juru tulis di kantor kereta api. Georges memiliki ambisi yang besar untuk sukses, dan cara yang ia pilih adalah memanfaatkan kelebihan fisik yang ia miliki.

Kisah suksesnya dimulai ketika ia bertemu teman lamanya, Charles Forestier (Philip Glenister), yang bekerja di sebuah harian nasional La Vie Francaise, yang dimiliki Rousset (Colm Meaney). Koneksi yang ia dapatkan ketika diundang ke acara makan malam, memberikan ia pekerjaan baru, sebagai jurnalis. Celakanya, dari acara itu pula affair tercipta. Dengan kelebihan fisik yang ia miliki, Georges berhasil memikat tiga wanita penting, Madeleine Forestier (Uma Thurman), teman Madeleine, Clotilde de Marelle (Christina Ricci), dan Virginie Walters (Kristin Scott Thomas), istri dari Rousset. Ketiga wanita ini, yang “membantu” Georges dalam meraih mimpinya.


Film ini disutradarai oleh Declan Donnellan dan Nick Ormerod. Ini film besar pertama mereka. Debut yang tidak terlalu buruk menurut saya. Kelemahan film ini ada pada Rachel Bennette (writer), dan tentu saja Robert Pattinson. Naskah yang ditulis Bennette seolah mengubur potensi yang film ini miliki. Dialog yang tercipta tidak cukup untuk menghidupkan kekejian dari permainan asmara dan politik yang seharusnya terjadi. Dimulai dari permainan kartu, sampai ketika Prancis menyerang Maroko, semua terkesan datar, tidak sehidup adegan erotis yang tercipta. :P

Robert Pattinson? Yap, gagal. Mungkin karena disini ia tidak tampil “berkilauan” seperti sekuelnya yang “terkenal” itu. Georges Duroy, adalah sosok pria pintar, berkepribadian kuat, dan membuat banyak wanita tergila-gila padanya. Yang terakhir, okelah. Pria pintar? Sepanjang film saya tidak melihat sosok pria pintar, jenius, apapun sebutannya, dari akting yang dimainkan oleh Robert. Tatapan matanya justru menjadikan ia terkesan bodoh. Sosok yang seharusnya kuat dimana ia berhasil menundukkan tiga wanita, celakanya dimainkan oleh Robert seperti pria yang di “bayar”, dan diperdaya oleh tiga wanita. Mungkin sukses untuk Virginie, tapi tidak untuk Madeleine dan Clotilde. Akting yang kaku bersanding dengan dialog yang kaku semakin mengubur performa dari Robert. Bahkan menurut saya tidak tercipta chemistry antara Georges dan ketiga wanita, hanya datang dan pergi. Yang memberikan nilai positif dari film ini adalah tiga pemeran wanita.


Overall film ini sangat kurang. Saya sendiri tidak menaruh harapan yang begitu tinggi pada film ini. Yang menarik perhatian saya adalah tiga pemeran utama wanita. Premis awal Bel Ami sebenarnya menarik, pria muda yang meraih kesuksesan dengan cara manipulasi. Namun potensi besar itu lenyap begitu saja, tenggelam. Akting Robert Pattinson sangat lemah, bahkan dibandingkan dengan Remember Me, yang masih membekas di ingatan saya. Tanpa Twilight, Robert seperti anak ayam yang kehilangan induknya. Naskah juga menyebabkan film ini mati, datar, dan membosankan. Yang sedikit membantu film ini dari kegagalan adalah ketiga pemeran wanitanya, Uma Thurman, Christina Ricci, dan Kristin Scott Thomas.

Score: 4,5/10

0 komentar :

Post a Comment