19 July 2016

TV Series Review: Doctors - Part 3


Meskipun memiliki IQ yang tinggi seorang wanita dengan jiwa “tough” yang kental merasa bahwa menjadi wanita dengan kepribadian lembut dan penurut bukan jalan hidupnya, masa lalunya yang kelam membuat ia lebih gemar berkelahi walaupun memiliki otak yang pintar. Mencoba berubah dan membangun kehidupan yang “normal” ia mendapat pertolongan dari seorang dokter yang beralih profesi menjadi guru, membantunya berubah untuk menjadi seorang dokter dari yang awalnya merupakan wanita dengan "jiwa" seorang gangster.   

Sinopsis:

Yoo Hye-jung (Park Shin-hye) merupakan seorang remaja beranjak dewasa yang memiliki kepribadian dan pola pikir terlalu bebas. Sikapnya yang bandel dan gemar berkelahi membuatnya “dibuang” oleh ayah kandungnya untuk tinggal bersama sang nenek yang sangat ia cintai. Luka yang ia peroleh di masa kecil membuat  Yoo Hye-jung menutup diri dari orang lain di sekitarnya, ia melakukan apa yang ingin ia lakukan dari yang berada di batas wajar hingga yang telah menjurus ke arah kriminal.

Untuk mengubah kehidupan cucunya agar memperoleh masa depan yang lebih baik sang nenek meminta Yoo Hye-jung untuk melanjutkan kegiatan akademisnya di high-school. Di sana Yoo Hye-jung bertemu dengan Hong Ji-hong (Kim Rae-won), seorang dokter berbakat yang memilih menjadi guru, menjadi mentor Hye-jung dan berperan penting dalam mengubah hidupnya. Dipisahkan oleh sebuah insiden akibat ulah dari Jin Seo-woo (Lee Sung-kyung) mereka dipertemukan kembali 13 tahun kemudian ketika Hye-jung telah menjadi seorang dokter.


Doctors

Title: 닥터스/ Dakteoseu
Also known as: Doctor Crush
Genre: Medical drama, Romance, Drama, Comedy
Director: Oh Choong-hwan
Writer: Ha Myung-hee
Broadcast Network: SBS


CAST:

Kim Rae Won as Hong Ji Hong
Park Shin Hye as Yoo Hye Jung
Yoon Kyun Sang as Jung Yoon Do
Lee Sung Kyung as Jin Seo Woo
Ji Soo as Kim Soo Chul
Moon Ji In as Chun Soon Hee
Jang Hyun Sung as Kim Tae Ho
Kim Kang Hyun as Kang Kyung Joon
Baek Sung Hyun as Pi Young Kook
Jo Hyun Shik as Ahn Joong Dae
Kim Min Suk as Choi Kang Soo
Uhm Hyo Sup as Jin Myung Hoon
Han Bo Bae as Yoo Yoo Na
Lee Ho Jae as Hong Doo Shik
Yoo Da In as Jo In Joo
Jun Gook Hwan as Jin Sung Jong
Yoon Hae Young as Yoon Ji Young
Kim Young Ae as Kang Mal Soon



[Spoiler Alert]




EPISODE 7

Broadcast Date: July 11, 2016


That’s it, itu yang saya harapkan muncul di episode lima dan enam, konflik yang bergerak maju dan mencoba tampil sedikit lebih menggigit. Sedikit, sedikit memang, tapi berbagai konflik yang kita tahu telah eksis di dalam cerita berhasil kembali dihangatkan oleh episode ini sebelum menjadi dingin dan tidak menarik. Yang menarik hal tersebut tercapai dengan menggunakan tone yang terasa ringan. Sejak awal salah satu hal menarik dari ‘Doctors’ adalah ia punya banyak karakter menarik, hampir semua residents bahkan terasa adorable. Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik di sini tanpa mencuri perhatian penonton pada heroine utama cerita meskipun cukup disayangkan ternodai dengan beberapa “unnecessary” thing yang kehadirannya terasa canggung seperti product placement hingga telephone booth.

Mari kembali ke karakter utama terutama kisah cinta antara Hye-jung dan Ji-hong. Mungkin di kehidupannya sebelumnya Hye-jung pernah menyelamatkan negaranya sehingga kini ia mendapat luck yang begitu besar menjadi pujaan dari banyak pria. Kini hadir Kim Soo-Chul yang jika menilik "setting" yang diberikan padanya kini tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pria kelima yang tertarik pada Hye-jung. Hye-jung sendiri layak mendapat banyak cinta dari para pria, dia karakter dengan kepribadian yang tidak “biasa” yang mampu membuat para pria merasa tertantang. Tapi yang saya suka penulis cerita tetap mempertahankan situasi di mana Hye-jung masih belum sepenuhnya melepas dirinya untuk mencintai dan dicintai meskipun kita tahu ia juga tertarik pada Hi-jong. Semoga ada gesekan yang lebih menarik di episode berikutnya karena progress love relationship di antara mereka terasa sedikit terlalu cepat dan mulus. Hal menarik lain dari episode ini adalah kolaborasi Ji-hong dan Yoon-Do.

Tidak seperti Seo-woo yang semakin terasa one dimensional sebagai sebuah “tim” Ji-hong dan Yoon-Do berhasil menghadirkan banter atau tik-tok yang menarik, bromance di antara mereka terasa adorable mengingat fakta mereka merupakan senior dan junior serta tertarik pada satu wanita yang sama. Kita tahu Ji-hong berada di posisi terdepan dan Yoon-Do akan menemukan rintangan yang besar tapi excitement menantikan apa yang akan Yoon-Do lakukan selanjutnya terasa lebih besar ketimbang rivalnya itu. Ji-hong sendiri di sini digunakan dengan baik di beberapa bagian, usahanya meraih hati Hye-jung cukup oke dan keterlibatannya di politik lewat Lee Soo-Jung (Lim Ji-Yeon) juga tidak kalah oke, tapi daya tariknya terasa berkurang. So far Ji-hong merupakan pria yang hampir sempurna, belum ada hal “menjengkelkan” yang ia lakukan dan semoga screenwriter dapat menambahkan kedalaman dan sedikit “bumbu” pada karakter Ji-hong ketimbang berusaha membuatnya tampak seperti Yoo Shi-jin 2.0.

Belum sepenuhnya yakin memang namun ada indikasi bahwa ‘Doctors’ mencoba untuk tampil seperti ‘Descendants of the Sun’ meskipun terasa memiliki struktur yang lebih menarik. Momen klise serta corny dan cheesiness seperti mulai menjadi senjata namun sejauh ini berhasil untuk membuat penonton tidak berpaling darinya. ‘Doctors’ wajib menghadirkan plot yang lebih kohesif di episode selanjutnya agar karakter dan cerita lengkap bersama konflik dan koneksi di dalamnya dapat bergerak maju dan memberikan hiburan yang jauh lebih menggigit. Belum memiliki pusat yang kuat dan benar-benar menarik membuat grafik daya tarik ‘Doctors’ terasa naik dan turun. It’s gonna be a bit bumpy road for them. Oh, sound effect pada adegan tabrakan itu terasa kurang nendang, tim produksi harus memanggil Park Do Kyung untuk meminta bantuan.

Score: 7,75/10




EPISODE 8

Broadcast Date: July 12, 2016


Episode ini sangat baik dalam membawa Seo-woo semakin mendekat menuju “ledakan” emosi. Dari kalah di ruang operasi lalu kemudian kembali “kalah” ketika makan malam menarik untuk dinanti kapan dan bagaimana Seo-woo akan meledak, situasi yang saya yakin akan membawa ‘Doctors’ semakin menarik karena sudah delapan episode karakter antagonis di panggung utama absen. Di sini kita dapat mengerti apa masalah yang dihadapi Seo-woo selama ini: ia wanita yang haus kasih sayang. Seo-woo wanita yang pintar dan manis namun seperti pepatah mengatakan bahwa “guru terbaik adalah orangtua kita” sayangnya  Seo-woo lahir dan tumbuh di dalam keluarga yang hanya menaruh tahta dan harta di atas segalanya. Itu membuat Seo-woo seperti uang logam dengan dua sisi yang berbeda, di satu sisi kita geram dengan POV tipisnya terhadap hidup serta sikap selfish yang ia miliki namun di sisi lain penonton juga menaruh simpati pada situasi “dipaksa” yang ia alami.

Setelah beberapa episode mencampur medical drama dengan romance dan comedy di mana dua elemen terakhir kerap mencuri perhatian lebih besar akhirnya elemen medis kembali bersinar di episode ini. Dua buah operasi berlangsung di episode sini dan keduanya mampu menampilkan proses dan tensi yang menarik. Masih standar serta masih terasa cheesy namun sutradara dan penulis juga masih mampu melakukan apa yang di tujuh episode sebelumnya mereka lakukan: membuat hal tersebut tidak bersifat merusak. Episode enam punya ending dengan cheesiness over-the-top yang menganggu dan saya suka bagaimana di sini cheesiness itu ditampilkan secara lebih lembut dan tidak dipaksa untuk membuat penontonnya terpukau luar biasa.

Di sini charm utama ‘Doctors’ berhasil diekspos dengan baik, mereka mencoba melepas agar setiap adegan berbicara kepada penonton tanpa memberikan fokus utama yang mengikat dan terlalu manipulatif, seperti drama di mana kita menyaksikan keseharian karakter. Itu hal yang menarik sebenarnya namun sedikit terlambat jika harus di dorong untuk menjadi warna utama ‘Doctors’ karena politik game of thrones sudah eksis di pusat cerita. Sebenarnya jika fokus diarahkan untuk menjadi sebuah sitcom maka ini akan terasa lebih menarik ketimbang tampil bersama elemen politik dan heirs tapi sampai sekarang hanya sebatas menunggu giliran untuk meledak. Untung saja perasaan Hye-jung terhadap Ji-hong tidak lagi menggantung. Selalu senang melihat kisah cinta dimulai tanpa garis start yang "kasar" seperti ini, seperti i know you want me, you know I want you, let’s walk together and conquer it all.

‘Doctors’ masih naik dan turun bermain di level yang sejak episode pertama dan menarik untuk dinantikan bagaimana dan kemana ia akan melangkah selanjutnya. Jika memang ini doesn’t take itself too seriously mereka berada di track yang tepat untuk menjadi sebuah romance comedy yang sangat memikat, banyak karakter adorable di sini, namun jika tidak maka cerita memiliki tugas yang lebih berat namun saya yakin hasil akhirnya akan berada di posisi yang lebih tinggi. So far saya masih menaruh 'Doctors' di kategori kedua. Hye-jung dan Ji-hong telah berada di nirvana, Yoon-do sudah memiliki tujuan yang jelas, semoga berikutnya Seo-woo, apakah ingin terus ditampilkan sebagai wanita “baik” yang pantang menyerah untuk melawan rintangannya dan berada di panggung utama bersama tiga karakter  utama lainnya atau sekedar hanya menjadi Baek In-ha 2.0. Oh, that Kim Tae-ho’s sparkly cap so adorkable.

Score: 7,75/10






0 komentar :

Post a Comment