07 July 2016

Fresh Fifteen: June


15. Imagine Dragons - Not Today (Me Before You OST) 

Bukan sebuah lagu yang special namun dengan iringan gitar dan piano yang ringan slow-tempo ballad yang bercerita tentang bagaimana cinta mampu membuat segalanya menjadi lebih mudah berhasil menyampaikan makna di setiap baris lirik secara solid. Itu yang membuat ‘Not Today’ repeatable.









14. Kim EZ (GGot Jam Project) - Scattered (Another Oh Hae Young OST) 



Sebuah pop ballad yang lembut dan mampu membuat pendengarnya ikut merasakan perasaan ragu dan keruh terhadap situasi kisah cinta yang terkandung di dalam liriknya. 






13. Drug Restaurant - Mistake



Kesan tidak dipoles terlalu jauh atau tidak terlalu “matang” dengan ditemani irama yang energik justru membuat lagu garage rock ini terasa nikmat.





12. CHVRCHES ft. Hayley Williams - Bury It


Walaupun terasa aneh dengan “memaksa” suara Hayley yang serak untuk menjadi terasa halus dan manis seperti suara Lauren Mayberry namun kombinasi synth dan drum yang repetitif ini tidak pernah kehilangan kemampuan untuk membuat pendengar merasakan “euphoria” yang ia miliki setiap kali mendengarkannya kembali. 






11. Jain - Come (Extended Version)




Versi yang lebih panjang dari salah satu lagu pop terbaik tahun lalu, menambahkan beberapa lapisan baru tanpa kehilangan magic yang dimiliki oleh versi originalnya. Come, come, my baby come, I will show you the world.





10. David Guetta ft. Zara Larsson - This One's for You 



Salah satu keahlian dari David Guetta adalah ia mampu membawa penonton masuk dan tenggelam dari gairah serta excitement yang joyful. Piano yang mencuri perhatian, groove rasa tropical dan melodi serta irama yang hypnotic, official song bagi pagelaran UEFA Euro 2016 ini berhasil menjadi sebuah anthem generik dengan smash yang manis, mudah dicerna, dan yang terpenting terasa adiktif. But actually this one’s for Zara Larsson, her voice sparkling so bright, memberikan semangat yang nikmat bagi musik yang generik. 






9. Alan Walker - Sing Me To Sleep



Setelah memperoleh hit besar lewat ‘Faded’ musisi EDM asal Norwegia ini masih bermain dengan gayanya di single terbarunya ‘Sing Me To Sleep’. Di beberapa percobaan awal momentum terasa kurang kuat karena butuh waktu untuk lepas dari irama ‘Faded’ yang adiktif itu namun dengan vokal manis dan haunting dari Iselin Solheim ‘Sing Me To Sleep’ berhasil menjadi sebuah follow-up dengan “magic” yang oke. 






8. Frenship, Emily Warren - Capsize



Dengan jumlah dance song yang memiliki pola serupa merupakan sebuah syarat penting bagi mereka untuk menyajikan sesuatu yang segar dan mencuri perhatian pendengarnya. Synth dengan iringan melodi ala perkusi ‘Capsize’ tidak fresh secara total namun ini memiliki sesuatu yang unik dan mampu “melekat” dengan mudah, lirik dengan isi yang menarik ditemani rhythm dengan rasa tropical serta hooks yang oke, ‘Capsize’ sebuah dance pop yang adiktif.





7. Jonas Blue ft. JP Cooper - Perfect Stranger



Not as good as ‘Fast Car’ tapi tropical house dance yang tidak begitu “pedas” ini mampu mengulangi pencapaian ‘Fast Car’ perihal kemampuannya dalam menjaga energi dari feel dance yang oke. Not  make a “boom” but swinging so sweetly.






6. Peter Bjorn and John - Dominos (Galantis Remix)



Shoot, Galantis! You son of a biscuit!






5. Shawn Mendes - Treat You Better


Jika formula lama masih bekerja berarti sebuah perubahan belum perlu dilakukan, mungkin seperti itu gambaran sederhana dari single terbaru Shawn Mendes ini. Setelah berhasil meraih hit pertamanya lewat ‘Stitches’ tidak banyak gebrakan yang mencolok di lagu ini namun dengan formula dan storyline serupa ‘Stitches’ ditemani tropical beat dan hook kuat serta mencuri perhatian 'Treat You Better' berhasil menjadi sebuah upbeat pop yang catchy dan crunchy





4. Urban Zakapa - I Don’t Love You



Liriknya sederhana namun pop ballad ini tidak hanya berhasil membuat pendengarnya mengerti namun juga merasakan dan tenggelam bersama rasa sedih dan sakit dari situasi cinta yang “forced” yang disampaikan oleh Urban Zakapa dengan manis.






3. Cash Cash ft. Christina Perri - Hero 



Bukan hanya akhirnya kita dapat mendengar Christina Perri di lagu electronic dance saja namun akhirnya daftar lagu EDM dengan lirik yang menarik di tahun ini kembali bertambah. Dengan perpaduan aransemen synth melody bersama suara Christina Perri yang begitu pop, ‘Hero’ merupakan sebuah electro house yang terasa “hangat” dengan punch yang enak.







2. Tiesto ft. John Legend - Summer Nights



Ketika mendengarkan sebuah electronic dance music mudah untuk bertemu dengan kesan bahwa vokalis yang menyumbangkan suaranya berperan sebagai “pendamping” saja, namun tidak pada ‘Summer Nights’. Di sini kita menemukan perpaduan antara summer jam ala Tiesto yang generik tapi memiliki feel anthem yang irresistible bersama vokal soulful dari John Legend yang tidak berada di samping namun berperan sebagai pusat yang dikelilingi dance music dengan energi yang asyik dari Tiesto. Infectious.







1. twenty one pilots – Heathens (Suicide Squad OST)



Twenty One Pilots sekali lagi berhasil mengejutkan pendengarnya dan kali ini lewat sebuah kombinasi altenative hip-hop dengan rasa indie serta sentuhan rock. Dimulai dengan piano yang simple bersama overlapping vocal yang kemudian disokong dengan drum beat yang tenang dan stabil, ‘Heathens’ perlahan tumbuh menjadi sebuah lagu yang misterius dan eerie dengan vibe yang haunting. Memang terasa sedikit berbeda dari beberapa karya mereka sebelumnya namun ‘Heathens’ berhasil hadir dan duduk manis di level yang sama dengan Stressed Out. Watch it!










0 komentar :

Post a Comment