13 July 2014

Review: Begin Again (2014)


"You're only as strong as your next move."

Adalah sesuatu yang aneh jika anda tidak memasukkan Once kedalam daftar film romance paling memorable, film tentang musik dan cinta yang disatukan dengan lembut dan sangat charming bersama iringan lagu dengan lirik “I don't know you but I want you”. Sang sutradara, John Carney, kembali berhasil melakukan hal yang sama dalam kemasan yang sedikit lebih mengkilap di Begin Again, musik dan gejolak cinta. Manis. 

Seorang songwriter bernama Greta (Keira Knightley) pindah ke New York bersama pacarnya Dave (Adam Levine), penyanyi dan juga penulis lagu yang baru saja memperoleh kontrak rekaman. Tapi hal positif itu juga membawa masalah bagi hubungan mereka sehingga Greta memutuskan pergi meninggalkan Dave. Dengan bantuan temannya Greta bertemu dengan Dan (Mark Ruffalo), seorang produser yang juga sedang mendapatkan masalah dalam pekerjaannya, pria yang melihat potensi Greta dan tertarik menawarkan kesempatan bagi mereka untuk memulai kembali. 

Kalimat pertama yang saya ucapkan saat film ini selesai adalah: “John Carney did it again”. Benar, John Carney berhasil mengulang apa yang pernah ia lakukan di Once, menyatukan musik dan cerita untuk berjalan beriringan dengan kepentingan dan status yang sama. Memang kejutannya tidak sebesar Once yang lahir dari modal sangat kecil itu, tapi bagaimana Begin Again memberikan rasa yang sama dengan sedikit polesan di berbagai bagian terasa memuaskan, cerita dan musik membentuk kombinasi yang manis dan saat mereka berdiri sendiri pesona yang mereka miliki tidak lantas hilang begitu saja. 

Ya, masih sama, pesona menjadi andalan John Carney. Ia kembali mengandalkan apa penonton mampu untuk menggunakan sisi peka yang mereka punya karena dari segi cerita memang tidak ada yang istimewa, tapi dari sisi feel ada kelembutan yang menawan disini. Scriptnya terbentuk dengan baik, dan John Carney lagi-lagi tetap menjaga fokus untuk tidak diganggu dengan hal-hal tidak penting meskipun sesekali ia memasukkan unsur lucu kedalamnya. Begitupula dengan dialog, beberapa dari mereka tampil menawan sehingga menghilangkan kesan murahan dari materi klise yang ia punya. Hebatnya lagi alur yang ia tawarkan ternyata tidak sedangkal film romance pada umumnya. 

Dan kekuatan utamanya tentu saja musik. Catchy adalah kata yang cocok untuk mewakili musik di film ini, dan yang menarik adalah John Carney tetap memperlakukan ia bukan hanya sebatas pemanis cerita tapi juga punya peran dalam menterjemahkan arti cinta itu sendiri. Lagu-lagu dari Gregg Alexander dan Glen Hansard seperti punya kekuatan yang mempermudah peran multifungsinya, meskipun sering terasa sedikit kurang santai tapi tetap mampu bertugas sebagai pewarna, sebagai pembawa makna, juga sebagai jembatan bagi penonton untuk merasa dekat dengan karakter dan ikut dalam perjalanan mereka. 

Nah, ini yang menjadikan Begin Again terasa lengkap, cerita dia oke, musik juga oke, dan karakter juga ikut tampil oke. Sangat mudah untuk menyukai Greta cs., bukan hanya karena mereka hanya diganggu oleh satu subplot yang dibawa dengan baik oleh Hailee Steinfeld dan Catherine Keener, tapi karena di lingkaran utama ada chemistry yang kuat tapi tidak berlebihan. Salah satu kejutan juga berasal dari sini, suara bagus dan soulful milik Keira Knightley. Adam Levine yang diawal tampak hanya sebagai tempelan juga mampu mencuri atensi, sedangkan Mark Ruffalo sukses menampilkan gairah yang menyenangkan. 

Ini masih menjadi kejutan bagi saya karena sejak awal meskipun ada John Carney dibelakangnya ekspektasi pada Begin Again tidak begitu tinggi, dan kejutan seperti ini akan dengan mudah untuk menjadi sesuatu yang memorable. Cinta dan musik, John Carney kembali berhasil mengaduk mereka dalam kadar yang pas dengan posisi yang saling mendukung satu sama lain, memberikan cerita yang fokus dengan mengandalkan kepekaan penontonnya untuk menikmati integrasi musik dan cinta dalam sebuah kisah dua orang rusak yang saling mendukung ditemani semangat dan rasa putus asa. Seperti About Time, segmented. Manis.






1 comment :

  1. For girls, this is a nice movie to see. For musicians, it's a GREAT movie to see. For those like me who probably will never get to see New York in person, see this.

    ReplyDelete