03 February 2014

Let’s Get It Started!!


Sepertinya satu minggu sudah cukup untuk digunakan sebagai minggu hening, minggu dimana proses refresh sedang berjalan, minggu tanpa film yang digunakan sebagai upaya untuk membuka pintu masuk menuju season baru serta otomatis meninggalkan memori indah yang telah tercipta di season 2013 yang lalu. Yap, semua sudah bersih, dan mari melangkah maju, let’s get it started!! (warning: it’s a long random stuff)

Sesungguhnya hal tersebut mungkin juga merupakan isi dari teriakan beberapa film baru yang akan rilis dalam waktu dekat ini. “Hey, move on, mari taruh atensi kalian pada kami,” sebut saja seperti itu bunyinya. Jika harus memulai sebuah daftar, Robocop berada di baris terdepan. Sutradara dan writer memang merupakan nama baru bagi saya, namun hey, ini Robocop, sosok iconic yang merupakan salah satu idola bagi mereka yang ditahun 90-an masih bermain dengan robot dan boneka,  terlebih ada sosok menjanjikan seperti Gary Oldman, Michael Keaton, Samuel L. Jackson, dan mungkin kejutan kecil dari Jay Baruchel.

Berikutnya adalah The Monuments Men. Belum memiliki tanggal rilis yang jelas di Indonesia, respon yang so far kurang menjanjikan, namun rasa penasaran sulit ditampik pada aksi George Clooney sebagai sutradara setelah The Ides of March, terlebih jika menilik cast yang gemuk dan kokoh, bahkan Hugh Bonneville harus berada di posisi belakang dan Cate Blanchett tidak kebagian tempat di poster. Yang terdekat berikutnya mungkin adalah The Lego Movie yang tidak perlu penjabaran mengapa ini layak di antisipasi walaupun tanpa ekspektasi yang tinggi. Oh ya, februari, valentine, dan untuk Indonesia sepertinya baru ada Endless Love yang berpotensi mencuri atensi di genre romance, dengan sedikit gesekan dari Vampire Academy.

Lantas bagaimana dengan bulan-bulan berikutnya? Sederhananya daftar tahun ini menghadirkan gairah yang luar biasa besar. Dari superhero, Captain America, Spiderman, dan X-Men akan kembali di paruh pertama, selanjutnya disusul Guardians of the Galaxy dan Teenage Mutant Ninja Turtles (apakah mereka superhero? Lol), serta Birdman yang belum punya kepastian. Animasi mungkin akan dibuka oleh Mr. Peabody & Sherman, kemudian kembalinya burung-burung lucu pada Rio 2, serta jagoan tahun ini yang juga menjadi film to beat di animasi, How to Train Your Dragon 2, hingga Pinocchio dibawah kendali Guillermo del Toro yang masih berpeluang hadir tahun ini, dan The Book of Life.

Action, adventure, dan fantasy punya komposisi yang padat. Dimulai dari game idola pria, Need for Speed, kumpulan otot di The Expendables 3, mobil-yang-bisa-berubah-menjadi-robot itu juga akan muncul lagi, kemudian kembalinya Caesar versi keren pada Dawn of the Planet of the Apes, Into the Woods yang punya cast menjanjikan, dan tentu saja The Hobbit 3 dan Pompeii. Itu belum menghitung Maleficent yang punya Angelina Jolie, kemudian Darren Aronofsky mengendalikan Russell Crowe bersama Logan Lerman (yang kembali bertemu dengan Emma Watson) di Noah, dan salah satu most anticipated tahun ini, Godzilla, yang diisi Aaron Taylor-Johnson, Sally Hawkins, Juliette Binoche, Elizabeth Olsen, dan Mr. Walter White.

Komedi? Sektor ini lebih banyak berisikan kembalinya paket yang telah punya fan base kuat: Horrible Bosses 2, Night at the Museum 3, Dumb and Dumber To, dan 22 Jump Street. Ada pula Neighbors yang punya kombinasi Seth Rogen dan Zac Efron dengan premis sederhana namun menarik, hal yang sama dengan apa yang dimiliki The Double (Mia Wasikowska, Jesse Eisenberg, dan Chris O'Dowd). Hal menarik juga dimiliki Chef karya Jon Favreau, dimana teknologi akan bertemu dengan sosok yang selalu mengandalkan teknologi, Wes Anderson yang sepertinya masih akan bermain dengan warna pada The Grand Budapest Hotel, kemudian The Other Woman, Sex Tape, They Came Together, dan tidak ketinggalan salah satu calon kuat komedi tahun ini, A Million Ways to Die in the West, karya terbaru dari sosok dibalik tingkah gila beruang bernama Ted, dengan cast mumpuni dari Charlize Theron, Amanda Seyfried, Sarah Silverman, and of course Neil Patrick Harris. Oh ya, Veronica Mars!!

Sci-fi juga ramai. Ada Transcendence dengan Johnny Depp, Edge of Tomorrow berisikan Tom Cruise serta Emily Blunt, karya terbaru Christopher Nolan yang masih penuh misteri, Interstellar, berisikan aktor kelas Oscar yang masih hangat seperti Matthew McConaughey, Anne Hathaway, dan Jessica Chastain, hingga The Wachowskis yang sepertinya belum kehabisan imajinasi fantasi dengan menghasilkan karya terbaru, Jupiter Ascending. Thriller akan diwarnai dengan hadirnya penerus Sin City dan juga The Raid, Blood Ties, serta Enemy yang berada dibawah kendali Denis Villeneuve, dan film dengan Oscar potential, Gone Girl, Ben Affleck dibawah kendali David Fincher.

Drama sendiri punya dua nama yang sempat populer tahun lalu namun akhirnya tertunda, Foxcatcher (Channing Tatum, Steve Carell), serta kembalinya kombinasi Jennifer Lawrence dan Bradley Cooper dibawah kendali Susanne Bier pada Serena, ada pula The Immigrant dengan Joaquin Phoenix serta Marion Cotillard. Empat nama sutradara besar juga menghasilkan karya terbaru mereka, Tim Burton (Big Eyes), Woody Allen (Magic in the Moonlight), Ridley Scott (Exodus), dan Untitled Terrence Malick Project dengan jajaran cast yang, wow. Ada pula The Judge, serta Inherent Vice yang dikendalikan oleh Paul Thomas Anderson.

Romance punya Third Person (Olivia Wilde, Mila Kunis), dan juga kembalinya duet Adam Sandler dan Drew Barrymore di Blended. Namun jika bersanding dengan warna young adult sepertinya akan di isi dengan wajah manis Shailene Woodley, dari adaptasi Divergent dan The Fault in Our Stars, hingga White Bird in a Blizzard yang telah hadir di Sundance, walaupun ia akan sulit meraih tampuk tertinggi young adult karena Jennifer Lawrence masih meneruskan petualangannya tahun ini di The Hunger Games: Mockingjay - Part 1. Horror? Baru Only Lovers Left Alive dan Grand Piano yang menjanjikan, dan selebihnya saya masih suka menjadikan genre ini seperti bola liar penuh kejutan sama seperti tahun lalu yang hanya di isi The Conjuring dan Insidious: Chapter 2 di posisi terdepan.

See, panjang!! Daftar di atas hanya berisikan film yang menurut saya potensial di masing-masing genre (tentu saja yang juga saya ingat, pasti ada yang tertinggal), dan akan semakin gemuk pada akhir season 2014 dengan hadirnya film-film kejutan dari berbagai film festival, dari Sundance, Berlin, Cannes, Venice, Toronto dan lain-lain yang punya potensi menghasilkan permata kecil yang bersinar seperti What Maisie Knew, The Broken Circle Breakdown, Gloria, A Hijacking, hingga Cutie and the Boxer. Sekarang sudah jelas mengapa gairah di tahun ini sangat besar, ada petualangan mengasyikkan yang telah menunggu, so stay with me, and let’s get it started!!





3 comments :

  1. wow... sangat sangat antusias menunggu semua list di atas.

    ReplyDelete
  2. but a shocking bad news came in this early year.
    with the gone of Philip S Hoffman, what will THG: Mockingjay be?
    Jack Black as a substitute maybe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabarnya bagian PSH di Mockingjay yang belum selesai tinggal dikit, jadi gak perlu recast. Semoga aja klimaksnya ntar tetap dapat. :)

      Delete