30 December 2014

Review: Wild (2014)


Dibalik kesuksesan mereka meraih Oscar tahun ini Matthew McConaughey dan Jared Leto pasti menaruh rasa terima kasih yang sangat besar kepada Jean-Marc Vallée, sutradara Dallas Buyers Club yang sukses memberikan mereka ruang beraksi yang cantik serta menuntun dan menjaga daya tarik karakter mereka sehingga terasa outstanding. Nah, kali ini Jean-Marc Vallée melakukan hal yang sama dengan masalah yang jauh lebih sederhana layaknya 127 Hours, Wild, sebuah studi karakter yang kembali sukses menelurkan salah satu penampilan akting paling memikat tahun ini.

Cheryl Strayed (Reese Witherspoon) mencoba keluar dari masalah yang sedang mengguncang kehidupannya, dan pilihannya jatuh pada upaya untuk menyusuri Pacific Crest Trail yang memiliki panjang 2000-something mil, seorang diri. Masalah Cheryl memang telah akut, kematian sang ibu Barbara Grey (Laura Dern) akibat kanker, pernikahannya dengan Paul (Thomas Sadoski) yang kandas, hingga menggunakan narkoba dan seks bebas yang seolah semakin mendekatkannya menuju sebuah kematian jiwa. 



Jean-Marc Vallée kembali membuktikan kemampuannya dalam memahami cara untuk menjadikan karakter utamanya miliknya bersinar, bagaimana cara memanfaatkan kemampuan aktor yang ia miliki untuk memberikan penampilan yang mencuri perhatian kita sejak awal hingga akhir, membuat kita merasakan apa yang karakter utama alami benar-benar sesuatu yang sangat penting sehingga menarik untuk di ikuti. Drama berbasis karakter ini memerlukan karakter yang benar-benar tangguh di mata penontonnya, mampu menarik simpati dan empati pada masalah yang ia alami tidak peduli seberapa sederhana lingkup masalah yang ia alami itu. Wild sangat berhasil di bagian ini, kita percaya Cheryl sedang bermasalah, kita percaya kalau Cheryl benar-benar ingin keluar dari masalah, sehingga perjuangan yang ia lakukan terasa menarik.


Saya merasa Dallas Buyers Club tidak punya cerita yang benar-benar menarik dan itu juga terjadi di film ini. Tidak ada yang terasa special dari segi cerita di film ini, standard sebuah potret sederhana dengan bumbu kilas balik yang mampu memperluas narasi dengan cermat sehingga tidak heran kalau ending yang ia berikan mungkin tidak akan mampu untuk memuaskan semua orang, tapi proses menuju kesana itu yang menarik. Wild seperti di buat oleh Jean-Marc Vallée untuk tidak menjadi drama yang sangat bertumpu pada konklusi, tapi pada segala sesuatu yang terjadi pada perjalanan Cheryl. Perjuangan itu yang terasa sangat menarik gimana ketika seorang yang telah kacau mencoba keluar dari kekacauan namun harus terlebih dahulu berhadapan dengan kekacauan lainnya, dari nyeri otot, cuaca buruk, hingga orang-orang sekitarnya.


Itu yang menjadikan Wild terasa nikmat dibalik cerita yang tidak begitu istimewa itu tadi, ada intimitas di antara penonton dengan Cheryl. Narasi yang ia punya efektif tapi karakterisasi terasa tangguh layaknya Cheryl, menciptakan kombinasi yang manis dengan alur cerita yang mulus dan juga sinematografi yang lembut, begitupula dengan sorotan utama film ini yang berhasil digambarkan dengan sangat baik oleh Reese Witherspoon. Kredit besar layak diberikan kepada Reese Witherspoon karena ia sukses memanfaatkan kesempatan sangat besar yang ia peroleh dari Jean-Marc Vallée, perjuangan fisik dan mental berhasil ia tampilkan dengan mengesankan, seperti yang saya sebutkan di awal tadi menjadikan karakter Cheryl tampak menarik sembari tangguh, bukan hanya menarik perhatian namun juga menjaga atensi kita hingga akhir.



Jelas bukan film terbaik versi saya tahun ini namun dari segi performa akting lagi-lagi Jean-Marc Vallée sukses menjadikan film yang ia tangani menjadi kompetitor kuat di segmen ini. Tidak seperti namanya ini justru tidak terasa liar justru terasa sangat bijak, sebuah perjuangan intim di antah berantah baik fisik dan juga mental yang mengalir dengan mulus hingga akhir lengkap dengan penampilan memikat dari Reese Witherspoon.









1 comment :

  1. baru nonton separo, 7.5/10
    mungkin kalo artis cewek nya rada cakep + atletis, lebih joss lagi :D

    ReplyDelete