05 January 2014

rorypnm’s Top 12 Films of 2013



Hey ho, Happy New Year 2014 folks!!! Semoga tahun yang baru ini semakin menjadi tahun yang penuh kasih bagi kita semua.

Diawali dengan Zero Dark Thirty di awal Januari, dan diakhiri dengan trio The Selfish Giant, American Hustle, dan Enough Said tepat di hari terakhir tahun 2013, rangkuman data menunjukkan terdapat lonjakan sebesar 53% dari total jumlah film yang saya saksikan tahun lalu. Pertumbuhan positif tersebut selaras pula dengan kualitas yang saya temukan, banyak film yang sanggup masuk kedalam kategori A, atau minimal B+ dalam list akhir tahun.     

Ya, sedikit penjelasan singkat yang diperlukan adalah ini merupakan daftar film paling top versi rorypnm di tahun 2013, acuan utama tentu saja mereka adalah kumpulan film terbaik namun telah mendapatkan sedikit sentuhan dari nilai yang ia peroleh pada sudut penilaian terfavorit. Banyak film menarik dan berkualitas yang harus rela tersingkir karena kalah di factor-x tersebut, sebut saja itu Snowpiercer, Frozen, Masquerade, Gloria, Star Trek Into Darkness, dan salah satu yang sangat berat untuk disisihkan hingga akhir, Beyond The Hills.

Aturan yang diterapkan masih sama seperti tahun lalu, film yang dapat masuk kedalam top 12 merupakan film yang saya tonton dari tanggal 1 Januari hingga 31 Desember, serta merupakan film dengan batas tahun rilis -3 dari tahun ini (untuk tahun ini berarti 2011). So, berikut adalah daftar film terbaik dan terfavorit yang saya tonton tahun lalu (1/1 - 31/12), in alphabetical order, untuk menghindari spoiler pada hasil PnM Awards kelak. Perubahan pasti akan terjadi, namun secara garis besar rorypnm’s Top 12 Films of 2013 telah menggambarkan formasi awal dari nominasi Best Picture untuk PnM Awards 2014.


rorypnm’s Top 12 Films of 2013

 (in alphabetical order)





12 Years a Slave menghadirkan proses berisikan pengamatan yang sangat mudah untuk di cintai, punya divisi akting yang kuat serta tatanan produksi memikat, totalitas yang berkualitas, serta eksekusi powerfull dan kokoh pada pesan utama.





American Hustle dengan cara yang cerdik dan cerdas sukses menghadirkan petualangan dramedy penuh kompleksitas cinta yang fokus pada pergerakan karakter, kokoh, dan terus berjalan dengan menyenangkan menggunakan sebuah tema umum yang sederhana tentang melakukan hal-hal yang kita suka dalam upaya untuk bertahan hidup dilengkapi performa berkualitas dari divisi akting. Studi karakter yang mengasyikkan.





Before Midnight adalah sebuah drama romantis yang mengagumkan, sebuah rollercoaster emosional yang menawan, naik dan turun bersama konflik relationship yang bergerak natural, mampu tampil lucu, intim, dan intens dengan cara yang menawan, namun tetap fokus serta efektif menyampaikan pesan yang ia bawa.





The Broken Circle Breakdown mampu membawa penontonnya masuk kedalam petualangan emosional yang mengasyikkan, dikemas dengan rapi dan intens, berhasil menggambarkan suka dan duka dengan sama baiknya. Ini adalah kekacauan emosional dalam konteks yang sangat positif, sebuah drama pernikahan yang menyayat hati





Gravity bukan hanya sebuah parade visual ruang angkasa yang indah dan mengagumkan, namun juga merupakan sebuah petualangan yang tahu cara tepat dalam bercerita, sebuah kompleksitas dari perjuangan sederhana yang dibangun dalam keanggunan yang memikat.





The Hunt (Jagten) sangat sukses membawa penontonnya merasakan bagaimana sakitnya serta beratnya beban dan tekanan dari sebuah tuduhan yang tidak pernah anda lakukan, dan menjadikan hal tersebut bermain-main di pikiran anda setelah ia berakhir. 





Les Misérables tidak begitu megah memang, namun dengan 157 menit yang dipenuhi permainan emosi yang berkualitas, Les Misérables sukses menghadirkan sebuah pengalaman musikal baru yang sangat unforgettable.





The Master mampu menyampaikan premis kontroversial dengan cara yang memikat, punya cast utama dengan power yang sangat kuat, menuntut anda untuk sabar dan secara penuh berjalan bersamanya, karena diakhir cerita ada sebuah klimaks emosional yang sangat indah jika anda memenuhi apa yang ia minta sebelumnya. Semua proses yang dijalani dengan penuh keyakinan dan disertai kerja keras yang total selalu akan membawa anda kepada sebuah akhir yang menyenangkan.





The Past (Lepassé) adalah sebuah kisah cinta yang cantik dan jujur dengan struktur yang kompleks, intens, intim, dan cerdas. Asghar Farhadi berhasil mengolah kehampaan hati yang berkombinasi dengan kesalahpahaman komunikasi menjadi pertunjukan emosional yang pelan, sabar, dan indah





Silver Linings Playbook adalah paket lengkap berisikan komposisi yang simple dan renyah, salah satu hypnotize movie, film yang menjadikan saya malas untuk mencari kelemahan yang ia punya secara detail, karena telah merasa terpuaskan dengan apa yang telah ia berikan. Call me crazy, but it's seriously a crazy good movie who can make me crazy thinking about them.





What Maisie Knew adalah film sederhana yang sangat efektif, dapat menjadi sebuah wake up alarm buat para orangtua, dan mungkin bahkan calon orangtua, bahwa arti dari sebuah pernikahan bukan hanya sebatas ikatan administratif, get a lot of money, and give your child a lot of toy to make them happy, karena mereka justru merasa lebih bahagia hanya dengan hal sederhana.





Zero Dark Thirty menghadirkan sebuah proses yang sukses membuat saya sabar untuk terus menanti, dan menutupnya dengan sajian yang lezat dan efektif. Penggambaran yang apik tentang proses pencarian salah satu buronan paling terkenal di muka bumi, lewat performa menawan dari Jessica Chastain, hasil yang indah dari departemen teknis dan cast lainnya, serta perpaduan Kathryn Bigelow dan Mark Boal yang kembali menunjukkan kehebatan mereka.




1 comment :