18 July 2016

TV Series Review: Doctors - Part 1


Meskipun memiliki IQ yang tinggi seorang wanita dengan jiwa “tough” yang kental merasa bahwa menjadi wanita dengan kepribadian lembut dan penurut bukan jalan hidupnya, masa lalunya yang kelam membuat ia lebih gemar berkelahi walaupun memiliki otak yang pintar. Mencoba berubah dan membangun kehidupan yang “normal” ia mendapat pertolongan dari seorang dokter yang beralih profesi menjadi guru, membantunya berubah untuk menjadi seorang dokter dari yang awalnya merupakan wanita dengan "jiwa" seorang gangster.

Sinopsis:

Yoo Hye-jung (Park Shin-hye) merupakan seorang remaja beranjak dewasa yang memiliki kepribadian dan pola pikir terlalu bebas. Sikapnya yang bandel dan gemar berkelahi membuatnya “dibuang” oleh ayah kandungnya untuk tinggal bersama sang nenek yang sangat ia cintai. Luka yang ia peroleh di masa kecil membuat  Yoo Hye-jung menutup diri dari orang lain di sekitarnya, ia melakukan apa yang ia ingin lakukan dari yang berada di batas wajar hingga yang telah menjurus ke arah kriminal.

Untuk mengubah kehidupan cucunya agar memperoleh masa depan yang lebih baik sang nenek meminta Yoo Hye-jung untuk melanjutkan kegiatan akademisnya di high-school. Di sana Yoo Hye-jung bertemu dengan Hong Ji-hong (Kim Rae-won), seorang dokter berbakat yang memilih menjadi guru, menjadi mentor Hye-jung dan berperan penting dalam mengubah hidupnya. Dipisahkan oleh sebuah insiden akibat ulah dari Jin Seo-woo (Lee Sung-kyung) mereka dipertemukan kembali 13 tahun kemudian ketika Hye-jung telah menjadi seorang dokter.


Doctors

Title: 닥터스/ Dakteoseu
Also known as: Doctor Crush
Genre: Medical drama, Romance, Drama, Comedy
Director: Oh Choong-hwan
Writer: Ha Myung-hee
Broadcast Network: SBS


Cast:

Kim Rae Won as Hong Ji Hong
Park Shin Hye as Yoo Hye Jung
Yoon Kyun Sang as Jung Yoon Do
Lee Sung Kyung as Jin Seo Woo
Ji Soo as Kim Soo Chul
Moon Ji In as Chun Soon Hee
Jang Hyun Sung as Kim Tae Ho
Kim Kang Hyun as Kang Kyung Joon
Baek Sung Hyun as Pi Young Kook
Jo Hyun Shik as Ahn Joong Dae
Kim Min Suk as Choi Kang Soo
Uhm Hyo Sup as Jin Myung Hoon
Han Bo Bae as Yoo Yoo Na
Lee Ho Jae as Hong Doo Shik
Yoo Da In as Jo In Joo
Jun Gook Hwan as Jin Sung Jong
Yoon Hae Young as Yoon Ji Young
Kim Young Ae as Kang Mal Soon



[Spoiler Alert]




EPISODE 1

Broadcast Date: 20 June 2016


Ini bukan perkenalan yang super impresif buat saya. Hubungan “unik” yang diciptakan menggunakan siswa dan guru dan lolita complex itu bukan merupakan masalah yang terlalu mengganggu namun episode ini terasa kurang nendang dalam hal menciptakan konflik dasar di cerita sebagai bagian dari pondasi excitement pada apa yang akan hadir selanjutnya. Daya tarik memang terbentuk tapi kuantitas dan kualitasnya kurang kuat. Namun ketika cerita masih terasa biasa hal tersebut tidak terjadi pada karakter. Saya suka dengan cara karakter-karakter diperkenalkan, beberapa karakter yang memperoleh kesempatan kecil cukup sukses meninggalkan kesan yang oke. Karakter grandma memberikan kejutan tersendiri di episode ini, hubungannya dengan sang cucu memberikan feel yang natural dan mampu menyajikan rasa kasih sayang yang oke.  Dan dengan kondisi dia bersama dua karakter utama berada di tempat tinggal yang sama semoga peran grandma akan besar terhadap hubungan antara Hong Ji-hong dan Yoo Hye-jung.

Chemistry di antara dua orang yang keras kepala, Hong Ji-hong dan Yoo Hye-jung, menarik untuk dinanti. Perbedaan usia di antara Hong Ji-hong dan Yoo Hye-jung tidak membuat tik-tok terasa canggung, mungkin banyak dipengaruhi faktor Park Shin-hye sendiri yang kali ini terasa “canggung” ketika mengenakan seragam high-school, atau karakterisasi dari Yoo Hye-jung yang badass sehingga kesan keras membuatnya tampak lebih dewasa dari pelajar high-school. Ini terasa aneh menyaksikan k-drama yang tayang bukan di saluran tv kabel memiliki dua karakter utama yang terasa natural. Hye-jung terasa begitu “manusia,” wanita pintar yang punya masalah emosi dan moral, tidak sepenuhnya likable tapi mampu menarik penonton mendukung usahanya untuk berubah. Hye-jung unik karena karakter utama wanita yang kick-ass seperti dia terhitung jarang di K-drama, Park Shin-hye berhasil mengolah kembali “keahlian” klasiknya seperti ekspresi wajah dan suara untuk membuat tindak tanduk dari Hye-jung menarik untuk dinanti.

Begitupula dengan Hong Ji-hong, meskipun motivasi di balik tindakannya menjadi guru masih ambigu karisma dari seorang guru yang mendidik terasa kuat dan berhasil ditampilkan oleh Kim Rae-won dengan cara yang fun. Ji-hong dan Hye-jung merupakan kombinasi yang mantap, situasi api dan air di mana posisi mereka punya potensi untuk "tertukar" di episode selanjutnya. Ji-hong memang kalem tapi sepertinya memiliki masalah besar yang ia alami di masa lalu, sementara Hye-jung meskipun meluap-luap memiliki charm lembut yang sudah ia tunjukkan ketika sedang bersama grandma. Jika sutradara dan penulis cerita mampu membawa dua karakter utama ini terus tumbuh ke arah positif secara mantap mereka dapat masuk ke "Kelas A" couple menarik di K-drama. Ya, jika, karena karakter Jin Seo-woo yang diperankan dengan baik pula oleh Lee Sung-kyung memiliki pesona yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Ji-hong dan Hye-jung. Sebuah start yang cukup baik.

Score: 7,5/10




EPISODE 2

Broadcast Date: 21 June 2016


Berusaha melanjutkan proses membangun setup pada cerita dan karakter tapi anehnya episode ini sukses besar membawa ‘Doctors’ naik satu tingkat perihal excitement. Terdapat loncatan yang cukup besar pada pesona cerita dan karakter, progress plot memang masih terasa lamban tapi pace episode ini terasa asyik. Saya suka bagaimana berbagai isu ditampilkan dengan baik di sini, dari nenek dan cucu, persahabatan, kegagalan, hingga kompetisi. Hye-jung yang di episode sebelumnya masih tampak seperti wanita tanpa arah hidup yang jelas kini terasa seperti karakter yang memiliki banyak misteri tersembunyi yang menarik. Saya suka cara cerita membuat rasa simpati penonton pada Hye-jung tumbuh secara natural dengan menggunakan konflik di sekitarnya, transformasi yang terasa halus tanpa meninggalkan sepenuhnya kesan “keras” yang telah diciptakan episode pertama.

Yang paling mengejutkan dari episode ini adalah bagaimana tingkat ketertarikan saya pada karakter lain di sekitar Hye-jung dan Hong Ji-hong tumbuh sangat besar di episode ini. Highlight ada pada Jin Seo-woo. Kepribadian Seo-woo yang "tertutup" justru membuatnya terasa menarik untuk diamati, dia seperti remaja kesepian yang akan melayang dengan mudah ketika mendapat sebuah pujian sederhana namun memiliki sisi selfish dengan sikap egois yang tinggi. Itu pondasi yang terasa manis, karakterisasi yang belum terlalu jelas akan berjalan kearah mana menempatkan Seo-woo seperti sebuah bola liar yang terasa berbahaya. Sangat disayangkan memang momen ketika Hye-jung, Seo-woo, dan Soon-Hee tampil bersama porsinya cukup singkat di sini, chemistry di antara mereka terasa menarik dan menjadi salah satu nilai plus tertinggi dari episode ini.

Penyebab mengapa episode ini berhasil menaikkan impresi terhadap 'Doctors' karena ia berisikan hal-hal yang memiliki kontribusi penting terhadap terbentuknya pesona karakter dan cerita, bahkan karakter Kim Rae-won yang di episode pertama terasa biasa kini terasa jauh lebih menarik, dia tampak seperti pria dengan jiwa bebas namun bertanggung jawab meskipun kesan canggung dari kondisi “hubungan” antara guru dan murid memang masih eksis. Chemistry Kim Rae-won dan Park Shin Hye juga semakin oke di sini namun yang aneh di episode ini karakter Hye-jung terasa canggung ketika berurusan dengan situasi yang menuntut emosi. Park Shin Hye merupakan aktris dengan kualitas akting yang baik namun di sini cara ia memvisualisasikan emosi dari Hye-jung terasa kurang kuat, di satu scene dia “kalah” dari Lee Sung-kyung dalam situasi head-to-head, hal serupa terjadi di bagian akhir. Minus kecil.

Score: 8/10




EPISODE 3

Broadcast Date: 27 June 2016


Oh my God, grandma, mengapa pergi terlalu dini. Meskipun kita sudah dibuat waspada terhadap kemungkinan terburuk yang mungkin akan terjadi pada grandma namun kepergiannya bagi saya terasa terlalu cepat. Hye-jung yang seolah menemukan pintu masuk menuju kehidupan yang lebih baik di episode sebelumnya kini harus di hadapkan dengan berbagai “bencana” yang menghampirinya secara hampir bersamaan. Dari kehilangan sosok yang sangat ia cintai, kehilangan sahabat baru, kehilangan guru yang sebelumnya perlahan mulai menjadi idolanya, hingga sebuah dendam baru terhadap ayah Seo-woo, Myung-hoon. Kita telah diberikan sekilas polemik yang dihadapi oleh Myung-hoon dan sikapnya yang terlalu “menggampangkan” nyawa orang lain membuat penonton tidak hanya geram dan seolah ingin menamparnya namun juga sadar mengapa selama ini ia belum juga dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi dan berada di bawah bayang-bayang Kim Tae-Ho.

Episode ini juga mengkonfirmasi satu hal penting: perasaan Ji-Hong pada Hye-jung ternyata lebih dari sekedar guru dan murid. Beda umur sembilan tahun buat saya bukan masalah dalam hubungan percintaan namun karena status teenager yang masih disandang Hye-jung membuat dua episode sebelumnya jadi terasa sedikit “aneh” meskipun untung saja mulai episode ini penonton akan dibawa maju ke present time. Menarik melihat cerita lompat dengan percaya diri yang oke meninggalkan masa lalu dengan fakta bahwa Hye-jung mengalami tekanan yang berat dalam hidupnya. Berbagai masalah yang ia alami tentu akan berakhir pada satu hal klasik: wanita ini kemudian berhasil menjadi dokter yang sukses, namun yang menarik adalah apa yang akan ia lakukan selanjutnya dengan kelebihannya tersebut.  Dari sana pula dapat kita lihat kemana series ini akan berjalan, apakah ini akan tetap bermain dengan romance comedy untuk mendampingi medical drama atau memasukkan elemen lain yang sedikit lebih gelap dan kelam?

Di review episode sebelumnya saya merasa kinerja akting Park Shin-hye tidak begitu kuat, di sini ia berhasil bersinar dan berada sejajar dengan Kim Rae-won yang kinerjanya masih terasa oke. Perasaan sedih dan amarah yang PSH tampilkan di episode ini terasa manis, adegan menangis memiliki range emosi yang besar namun tetap terasa halus. Semoga ia  mampu mempertahankan kualitas di level ini karena apa yang telah menanti di depan Hye-jung terasa menjanjikan terlebih kita sudah tahu sejak awal bahwa karakter “keras” yang ia miliki masih eksis ketika Hye-jung telah dewasa. Bagaimana cara Ji-hong kembali hadir di kehidupan Hye-jung juga layak menarik untuk dinantikan meskipun fokus saya lebih tertuju pada Seo-woo dan karakter baru, Jung Yoon-do. Mark my words, jika penulis cerita pada akhirnya mengubah Seo-woo yang awalnya dingin dan misterius menjadi wanita cheerful namun ketus maka Park Shin-hye harus merasa semakin waspada, karakter seperti itu merupakan makanan lezat bagi Lee Sung-kyung.

Score: 8/10




EPISODE 4

Broadcast Date: 28 June 2016


Dengan meninggalkan kisah masa lalu dan mulai masuk ke fokus utama sejak awal yaitu dunia medis 'Doctors' mulai terasa lebih meyakinkan baik dari segi cerita maupun karakter. Salah satu perubahan signifikan di episode ini adalah para pemeran tampak “merasa nyaman” dengan karakter yang mereka mainkan, baik itu karakter yang sudah muncul sejak awal hingga karakter baru. PSH tampil subtle di sini, di balik kesuksesan yang Hye-jung raih ia berhasil mengingatkan kita bahwa Hye-jung masih seorang wanita yang “cool” namun kini lebih dewasa, ada rasa bangga melihat wanita yang dahulu pernah tidak jelas arah hidupnya itu akhirnya sukses. Kim Rae-won juga kembali tampil baik meskipun di sini karakter Ji-hong terasa semakin menarik karena ia berada di lingkungan di mana ia punya banyak hal untuk dilakukan. Chemistry keduanya juga oke, cheesy tapi manis, dan semoga status dewasa mampu membuat rasa cinta di antara mereka berani untuk tampil lebih “gila” dari sebelumnya.

Setting baru cerita juga sejauh ini terasa oke membentuk “dunia” baru bagi karakternya. Senang melihat Soon-hee tidak menghilang dan kini mengelola sebuah cafe, sementara Seo-woo sedikit digeser menjadi wanita manis meskipun tetap menyimpan sifat egois yang tetap terasa mengancam. Pesona Tae-ho sebagai seorang dokter juga semakin menarik di episode ini. Saya juga suka dengan karakter-karakter baru seperti Jung Yoon-do dan para residents di rumah sakit. Suasana friendly di episode ini oke, satu per satu karakter baru seperti Kyung-Joon dan Kang-soo berhasil mencuri perhatian lewat karakteristik mereka yang ringan dan chemistry yang oke, dari yang naif hingga pemalu dan penakut, mereka lucu tapi tidak terasa terlalu berlebihan. Menciptakan dasar yang baik terhadap karakter-karakter pendukung berhasil dijalankan dengan baik, semoga tik-tok di antara mereka semakin kuat dan menarik di episode mendatang.

Tapi jika harus memilih highlight dari episode ini maka pilihan jatuh pada cerita. Tidak ada perkembangan cerita yang luar biasa special, sutradara Oh Choong-hwan membuat ini tampil dengan pace seperti My Love From the Star, slow but sure, tapi excitement yang dihasilkan dari konflik yang mulai didorong maju secara perlahan itu bergerak naik. Di sini kita akhirnya tahu bahwa Hye-jung memiliki niat lain di tempat kerjanya yang baru terkait masa lalu yang masih mengganggunya. Itu hal yang baik tapi semoga usaha balas dendam tidak mencuri porsi cerita secara berlebihan di episode-episode selanjutnya karena potensi konflik terkait “heirs” juga telah hadir. Apakah ini akan menjadi pertarungan antara 'Team Myung Hoon' melawan 'Team Tae Ho'? Itu bukan opsi yang buruk namun potensi menjadi medical drama dengan balutan romance dan comedy yang dimiliki oleh 'Doctors' terasa jauh lebih besar ketimbang hanya untuk menjadi sebuah another game of thrones di dalam rumah sakit.  

Score: 8/10




0 komentar :

Post a Comment